3 Langkah Sederhana Perkuat Komitmen Latihan Kita!

Fitness

Want to be the next L-Men of the Year? Kalau Anda membaca artikel ini, pasti jawabannya, ya. Masalahnya, are you commited enough?

 

Komitmen. Bagi beberapa orang, kata tersebut terdengar seperti rantai besi dingin yang mengikat. Namun, bahkan L-Men of the Year tahun ini, Rizal Idrus, pun mengamini pentingnya komitmen dalam membentuk tubuh ideal dan pola hidup semakin sehat. “Tanpa komitmen yang kuat, kita hanya setengah-setengah,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut jelas Rizal, ada dua alasan mengapa komitmen adalah kunci kesuksesan dalam meraih tubuh atletis ideal:

 

1. Commitment as a fuel. “Ketika semangat mulai turun,  komitmen-lah yang membuat Anda tetap bertahan,” jelas Rizal.

2. Commitment for perfection. Menurut Rizal, perjalanan yang ditempuh dengan komitmen kuat akan berujung pada hasil yang sempurna dan tidak setengah-setengah.

 

More about commitment

Merasakan keinginan yang menggebu-gebu namun bingung menerjemahkannya menjadi komitmen yang jelas? Jangan khawatir, kami sertakan saran-saran dari Rizal Idrus yang tentunya berguna untuk Anda.

 

1. Tetapkan niat Anda. Rizal sendiri memilih untuk fokus pada tujuannya menginspirasi banyak orang. “Komitmen yang lahir dari tujuan untuk menginspirasi jauh lebih baik dari sekedar mendapatkan tubuh atletis tanpa menginspirasi,” tuturnya lebih lanjut.

 

2. Bagi menjadi gol-gol kecil. Oke, Anda ingin menjadi winner L-Men of the Year tahun 2014, misalnya. Sekarang bagilah tujuan tersebut menjadi hal-hal kecil yang bisa dicapai, seperti memperbesar lingkar dada hingga sekian sentimeter atau menurunkan berat badan sebanyak sekian kilogram. Sertakan juga batas waktu yang realistis misalnya satu bulan (lebih banyak tentang goal setting ada di sini http://www.l-men.com/5-penyebab-utama-kegagalan-transformasi-anda/). Ketika Anda menyelesaikan satu demi satu gol Anda, rasa puas yang timbul pasti memperkuat komitmen Anda hingga tujuan akhir.

 

3.  Berbagilah dengan orang lain. Ilmu adalah “harta” yang takkan habis ketika dibagikan. Begitu pula ilmu mengenai pola hidup sehat untuk mendapat tubuh ideal. Karena itu, tak ada salahnya mengajari orang baru di gym Anda mengenai teknik mengangkat yang tepat—tentunya apabila diminta dan tidak terkesan sok tahu.

 

Menjadi L-Men of the Year memang tidak semudah mengangkat dumbbell lima kilogram—tentunya bagi Anda beban itu bahkan terlalu ringan, bukan? Namun, dengan komitmen, semuanya mungkin. Trust me, it works.