5 Suplemen Fitness untuk Membangun Otot

Nutrisi

Saat kamu mulai membangun tubuh dengan otot yang berisi, kamu juga pasti akan menentukan suplemen fitnes yang dapat membantu program pembentukan tubuh kamu, kan? Suplemen fitnes bekerja untuk membangun dan memulihkan tubuh setelah kamu latihan, Bro.

 

Tahukah kamu? Dalam suplemen fitnes, terdapat beberapa zat yang terkandung di dalamnya. Zat-zat tersebut berpengaruh terhadap usaha kamu membentuk tubuh, Bro. Apa sajakah zat-zat tersebut?

 

Creatine

Creatine adalah zat yang secara alami terdapat di dalam tubuh kamu, terutama di sekitar jaringan otot rangka. Peran creatine antara lain adalah meningkatkan volume sel otot, membantu pemulihan otot setelah latihan, meningkatkan penyimpanan glikogen, dan meningkatkan kinerja otot khususnya untuk high-intensity workout. Konsumsi direkomendasikan 5-10 gram per hari.

 

Beta-Alanin

Adalah asam amino non-esensial alami yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan sehat kaya protein seperti ayam. Manfaat dari beta-alanin adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah capek. Rekomendasi dosis harian untuk konsumsi beta-alanin adalah 2-6 gram per hari.

 

Whey Protein

Whey protein memasok tubuh dengan protein yang tinggi dan membantu tubuh kamu memulai pertumbuhan otot. Whey protein mudah dicerna dan dapat menambah nafsu makan, Bro. Dosis per hari yang disarankan untuk konsumsi whey protein adalah 20-30 gram.

 

Asam Amino

Berguna untuk merangsang sintesis protein dan membantu mengatur metabolisme protein. Selain itu, asam amino juga bisa mengurangi rasa sakit dari kelelahan otot dan meningkatkan pemulihan metabolisme otot. Dosis yang disarankan adalah 3-5 gram.

 

Glutamin

Glutamin disebut-sebut sebagai zat yang memperlambat kerusakan jaringan otot selama latihan intensif dan meningkatkan kadar hormon pertumbuhan plasma dalam tubuh. Ini penting bagi mereka yang sedang membangun otot tubuh.

 

Tertarik mengonsumsi salah satu suplemen di atas untuk membantu program pembentukan tubuh kamu, Bro? Karena kondisi tubuh setiap orang tentu berbeda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan sport nutritionist atau dokter jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu sebelum mengonsumsi suplemen tertentu. Selain mengonsumsi suplemen fitnes , rencanakan diet sehat kamu dan lengkapi dengan latihan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Bro.

 

 

Sumber:

bodybuilding.com/fun/top-5-supps-for-faster-muscle-gain.htm

muscleandfitness.com/supplements/build-muscle/best-muscle-building-supplements-beginners

Diakses pada: 14 Juni 2015