News Update

Army Diet: Optimizing Your Sixpack Body (1)

ART - III/2011 - Army Diet: Optimizing Your Sixpack Body (1)

Selain latihan Fitnes militer yang ditempuh, ternyata nutrisi juga memainkan peranan penting untuk menjadikan seorang tentara memiliki tubuh atletis dengan otot yang kuat dan juga sixpack. Selain itu, proses hidrasi juga penting untuk memastikan agar mereka tetap memberikan performa yang optimal.
 
A. Air – elemen penting dalam latihan militer!
 
Air merupakan elemen penting yang tidak boleh dilupakan, apalagi ketika Anda melakukan latihan Fitnes ala militer yang menghabiskan banyak energi dan menaikkan suhu tubuh.
 
Fungsi utama air adalah untuk mempertahankan dan mengatur suhu tubuh Anda agar tidak terlalu tinggi ketika latihan. Jika terlalu tinggi, tentunya akan menurunkan performa. Saat Anda latihan, terjadi peningkatan jumlah energi dalam tubuh yang akan dikeluarkan dalam bentuk panas sehingga menaikkan suhu tubuh Anda. Masalahnya, seluruh panas atau energi tersebut tidak semuanya digunakan oleh tubuh sehingga harus dikeluarkan. Oleh karena itu, umumnya seseorang yang berolahraga apalagi dengan intensitas tinggi akan lebih sering berkeringat karena untuk mengeluarkan panas berlebih dari dalam tubuh dan menormalkan kembali suhu tubuh.
 
Air yang dikeluarkan dalam bentuk keringat harus digantikan dari luar karena jika tidak digantikan, maka akan meningkatkan resiko cidera ataupun penurunan performa saat latihan. Minum air putih merupakan pilihan yang tepat untuk menggantikan hilangnya keringat. Disarankan untuk minum air sebelum, saat latihan, dan sesudah latihan untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan meningkatkan performa latihan Anda.
 
Susu coklat rendah lemak terbukti menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk membantu proses recovery dan menggantikan hilangnya cairan tubuh setelah Anda latihan keras. Oleh karena itu, susu coklat rendah lemak dapat menjadi salah satu pilihan alternatif untuk mendukung latihan Anda. L-Men STMG adalah susu coklat rendah lemak yang mengandung susu, telur, madu, dan ginseng yang dapat membantu Anda dalam melakukan latihan terutama latihan endurance ala militer. Selain itu, diperkaya juga dengan Arginine yang mampu membantu meningkatkan stamina sehingga mendukung performa endurance Anda.
 
Menghitung Perkiraan Kebutuhan Air Harian Anda
 
Untuk menghitung kebutuhan standar air harian dapat dengan menggunakan rumus:

        2 × BB (kg) × 75% (untuk orang aktif)
        2 × BB (kg) × 50%. (untuk orang biasa)

Sebagai contoh, kebutuhan air harian untuk orang aktif dengan berat badan sekitar 75 kg, adalah 2 × 75 × 75% = 112 oz = 3300 mL air putih per harinya. (1 oz setara dengan sekitar 275 mL).
 
Tambahkan kembali sekitar 16 oz atau 480 mL ketika Anda latihan dalam kondisi ekstrim atau intensitas tinggi, sehingga total kebutuhan harian Anda adalah 3800 mL.
 
Untuk mengetahui kebutuhan air per jamnya, maka dibagi dengan estimasi waktu Anda bangun dan beraktivitas (misalnya 16 jam) sehingga menjadi 3800 mL/16 jam = 240 mL per jamnya.
 
 
Reference:
US Army. 2010. Fitness and Nutrition. Available from http://www.goarmy.com/soldier-life/fitness-and-nutrition/components-of-nutrition/healthy-diet.html [4 Maret 2o11].
 
Air dan asupan nutrisi yang berkualitas akan mendukung latihan Fitnes ala militer yang Anda ikuti, kombinasikan latihan Fitnes dan nutrisi yang tepat, pastinya, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal ala tentara dengan tubuh sixpack, atletis, ideal, dan kuat.

Leave a Reply