Bagaimana Cara Mengukur Berat Badan Ideal?

Gaya Hidup

Berat badan merupakan satu hal yang sangat diperhatikan oleh kaum muda baik pria maupun wanita. Memiliki berat badan ideal tentu menjadi keinginan hampir setiap orang. Namun, cara mendapatkan berat badan ideal tidaklah mudah. Apalagi, bentuk tubuh setiap orang berbeda-beda, Bro. Hal inilah yang menyebabkan tidak adanya angka pasti untuk menentukan berat badan ideal seseorang.

 

Lalu, dari manakah kamu tahu bahwa kamu terlalu kurus atau terlalu gemuk?

 

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengukur berat badan ideal  adalah dengan menghitung Body Mass Index (BMI). Menghitung BMI dilakukan dengan membagi berat badan kamu (dalam kilogram) dengan kuadrat dari tinggi badan kamu (dalam meter). Setelahnya, kamu dapat melihat tabel BMI untuk mengetahui apakah kamu underweight atau overweight.

 

Cara kedua adalah dengan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi kamu, Bro. Jika kamu memiliki keluarga atau saudara seorang dokter atau ahli gizi, ia biasanya tahu perkembangan tubuh kamu dari waktu ke waktu. Mereka akan mengecek BMI kamu dan menanyakan kamu tentang kegiatan harian maupun pola makan kamu. Genetika juga berpengaruh terhadap berat badan ideal kamu, Bro!

 

Berat badan ideal setiap orang yang berbeda-beda juga dipengaruhi oleh ras. Tubuh ideal ras Asia tentu akan berbeda dengan ras Kaukasia, maupun Afrika. Perbedaannya bisa terdapat pada komposisi otot maupun lemak, Bro. Namun, hal ini tidaklah mutlak. Jika kamu tekun menjalani hidup sehat, tentu berat badan ideal akan lebih mudah dicapai.

 

Jadi, selalu jaga pola hidup sehat kamu ya, Bro!

 

 

Sumber:

steadyhealth.com/articles/Normal_weight__too_skinny_or_too_fat_a389.html?show_all=1

steadyhealth.com/articles/How_to_gain_weight_naturally__a166.html

Diakses pada 25 Mei 2015