Be Your Own Personal Trainer!

Fitness

Pernahkah Anda menyewa personal trainer (PT)? Ya, personal trainer memang menjanjikan hasil yang prima dalam waktu yang cepat. Namun, dengan sedikit usaha, Anda bisa mendapatkan hasil seoptimal menggunakan jasa personal trainer, lho. Berikut manfaat personal trainer dan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

 

PT sebagai pengatur program.

PT yang baik akan bertanya, “Apa tujuan Anda, dan berapa waktu yang Anda inginkan untuk mencapai tujuan tersebut?” Mereka mengharapkan jawaban sedetail mungkin, seperti, “Ingin turun berat badan sebanyak 5 Kg dalam satu bulan,” atau “Ingin punya sixpack dalam tiga bulan.” Dari situlah mereka kemudian menyusun program latihan untuk membantu Anda mencapai gol.

 

Sekarang, tanyakan pertanyaan yang sama pada diri Anda. Apa yang ingin Anda capai dalam tiga bulan ke depan? Jawablah sedetil dan sejelas mungkin, serta tulis dan tempelkan di tempat yang bisa Anda lihat setiap hari. Setelah itu, lakukan riset mengenai strategi terbaik untuk mencapai gol Anda tersebut. Website L-Men adalah tempat terbaik untuk memulai mencari informasi. Oh ya, artikel ini (Sudah Sesuaikah Latihan Kita?) bisa menjadi rujukan mengenai gol latihan dan strategi mencapainya.

 

PT sebagai pengawas gerakan

Dalam latihan beban, eksekusi gerakan yang benar sangat penting. Bila diabaikan, tak hanya pembentukan otot yang tidak optimal, namun Anda bisa terkena cedera. Tugas PT adalah mengawasi gerakan Anda dan mengoreksi bila perlu. Kebanyakan PT malah menolak menghitung repetisi yang dilakukan secara asal-asalan.

 

Untuk bisa mendapat manfaat yang sama, Anda bisa meriset gerakan yang benar di Internet. Bila Anda termasuk pemula, lebih baik melatih gerakan yang benar namun memakai beban yang ringan dibandingkan memakai beban yang terlalu berat tanpa mengindahkan eksekusi yang benar. Nge-gym bersama teman? Anda bisa meminta bantuan mereka sebagai spotter (pengawas gerakan).

 

PT sebagai motivator

Ini adalah manfaat PT yang paling penting: mereka menyemangati Anda untuk mengangkat repetisi terakhir, menelepon Anda untuk datang ke gym, dan menyakinkan Anda bahwa gol yang diset dua minggu lalu masih mungkin dicapai. Hal ini berguna terutama bila Anda cenderung pembosan.

 

Namun, masih ada cara yang lebih murah untuk membangkitkan motivasi. Anda bisa bertanding dengan teman gym Anda, misalnya mendapat perut sixpack enam bulan dari sekarang. Berkompetisi adalah cara paing bagus untuk menumbuhkan motivasi, terutama bila keduanya sama-sama ambisius. Atau, mencatat progress dalam fitness diary (http://www.l-men.com/this-is-how-to-manage-your-workout-well/) pun bisa dicoba; tidak ada yang lebih adiktif ketimbang mengalahkan rekor diri sendiri.

 

The Ultimate PT: Yourself

Seoptimal apapun PT Anda bekerja, mereka tidak mungkin ikut pulang dan mengatur pola makan Anda di rumah. Sementara nutrisi yang tepat sama pentingnya dengan olahraga untuk membentuk tubuh ideal. Karena itu, kurangi asupan lemak dalam makanan dan pastikan mengonsumsi protein berkualitas tinggi (seperti whey protein dalam L-Men) dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

 

Siap jadi PT untuk diri sendiri?

 

Ref:

Quinn, E. 2007. Do You Need a Personal Trainer?