Bela Diri asal Jepang atau Korea, Mana Pilihanmu?

Olahraga

Saat mendengar kata bela diri, orang-orang umumnya akan teringat pada karate. Padahal, karate hanya sebagian kecil dari seni bela diri di Jepang, Bro. Seni bela diri populer lainnya yang berasal dari Negeri Sakura adalah judo, jujitsu dan aikido.

 

Asia memang merupakan rumah bagi beragam seni bela diri. Selain Jepang dengan karate-nya, Korea pun memiliki satu seni bela diri yang sudah sangat populer di Indonesia, yaitu taekwondo. Banyak yang beranggapan bahwa kedua seni bela diri ini hampir sama.

 

Meskipun terlihat banyak kesamaan, bela diri asal karate dan taekwondo sangatlah berbeda. Karate bermanfaat untuk menguatkan tubuh bagian atas, dan gerakan karate umumnya dilakukan dengan menggunakan tangan, kaki, serta siku untuk membela diri. Sedangkan taekwondo bertujuan untuk menguatkan tubuh bagian bawah, dan umumnya gerakan taekwondo menggunakan kaki untuk menendang, Bro. Dengan demikian, pilihan antara bela diri Korea dan Jepang bisa bergantung pada bagian tubuh mana yang ingin kamu kembangkan.

 

Manfaat olahraga  bela diri antara lain adalah menguatkan otot-otot tubuh, melatih fleksibilitas, serta sebagai cara membentuk tubuh dan postur tubuh yang baik untuk kesehatan. Bagi kamu yang ingin membakar lemak atau menurunkan berat badan juga bisa memanfaatkan manfaat olahraga seni bela diri ini, Bro.

 

Tertarik menekuni bela diri asal Jepang atau Korea ini? Mulailah dengan mencari kelas, sekolah, atau instruktur bela diri yang cocok dengan kebutuhan kamu, Bro. Perlu diketahui, seni bela diri melibatkan banyak teknik sehingga akan dibutuhkan waktu yang intens untuk mempelajarinya.

 

Jika kamu sedang mencari cara untuk meningkatkan rasa percaya diri dan cara membentuk tubuh  yang asyik untuk tetap fit tanpa melakukan rutinitas gym yang membosankan, give martial arts a try, Bro!

 

 

Sumber:

everydayhealth.com/fitness/getting-fit-with-martial-arts.aspx

livestrong.com/article/224997-korean-vs-japanese-martial-arts/

Diakses pada 21 Juni 2015