News Update

Berlatih Seperti Bintang Film Mandarin

ART - II/2011 - Berlatih Seperti Bintang Film Mandarin

Sebuah perayaan akbar, biasanya selalu disambut dengan hal-hal istimewa yang akan terjadi di dalamnya. Pun dengan penyambutan Tahun Baru Imlek, yang juga dikenal sebagai Lunar New Year (Tahun Baru sistem bulan). Meriahnya parade dan berlimpah ruahnya hidangan di meja tentu menjadi highlight dari beberapa kegiatan spesial lain yang dilakukan. Membayangkannya saja dapat membawa kita ke suatu tempat dengan suasana yang berbeda.
 
Suasana yang berbeda dari datangnya momen ini juga dapat kita ciptakan untuk tujuan pembentukan tubuh atletis. Pernah membayangkan bagaimana para Aktor dari negeri tirai bambu, seperti Bruce Lee dan Jet Li, dapat memiliki tubuh yang ideal dan perut sixpack sempurna? Pasti otak kita langsung akan memikirkan cara dan pola latihan fitnes mereka. Menyambut tahun kelinci ini, mari kita coba sebuah pola latihan fitnes berbeda seperti yang layaknya Bruce Lee dan Jet Li lakukan.
 
Bruce Lee mengembangkan banyak metode workouts selama karirnya. Namun sayangnya, tidak semuanya terdokumentasikan. Beberapa sumber mengatakan bahwa hanya karena Bruce Lee rajin membuat catatan-lah akhirnya kita semua dapat mempelajari apa yang diciptakannya.
 
Bruce Lee membagi kegiatan rutinnya menjadi beberapa latihan martial arts yang spesifik seperti latihan beban, calisthenics (sejenis senam), latihan kardiovaskular dan peregangan. Latihan beban yang dia lakukan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Pada awalnya, Bruce Lee memiliki penekanan latihan untuk bodybuilding, terfokus di lengan bawah, dengan diet ketat dan suplementasi minuman berprotein tinggi. Bisa dikatakan dia menerapkan Isolation Exercise (pergerakan yang terfokus kepada satu otot) pada saat itu.
 
Namun dia mengubah pola tersebut dengan cara menyederhanakannya. Dia berpikir untuk menerapkan Compound Exercise (pergerakan yang membutuhkan lebih dari satu otot untuk melakukannya), karena dapat meningkatkan kekuatan dan kondisi tubuhnya secara keseluruhan. Salah satu kutipan yang menarik dari Bruce Lee adalah :
 
“Since weight training involves repetitions, a great deal of energy must be exerted. Therefore, weight training should be practiced only every other day.” – Bruce Lee
 
Jadi, selain fokus di latihan beban, secara rutin dia juga mengkombinasikannya dengan latihan kardiovaskular. Pola latihan yang selama ini selalu L-Men sarankan untuk dilakukan.
 
Di bawah ini adalah beberapa latihan beban rutin yang biasa dilakukan oleh Bruce Lee:
 
Bruce Lee Clean and Press
 
Clean and press merupakan latihan klasik yang dilakukan para atlit angkat besi. Bruce Lee melakukan latihan clean and press ini dengan cara yang berbeda, yakni tanpa istirahat diantara repetisi. Ini membuat latihan yang dilakukan dilengkapi dengan kardio dan latihan endurance sekaligus. Lakukan 2 set dengan 8 repetisi masing-masing.
 
Bruce Lee Barbell Squat
 
Squat adalah salah satu latihan terpenting dari Compound Exercise yang diterapkan Bruce Lee. Bruce Lee menyarankan untuk tidak ada jeda saat kita sedang berada di posisi terbawah. Saat paha berada di posisi horizontal, dengan segera kita harus berada pada posisi awal, posisi berdiri. Lakukan 2 set dengan 8 repetisi masing-masing.
 
Bruce Lee Bench Press
 
Latihan beban tidak akan sempurna tanpa bench press. Banyak martial artists sebenarnya menganjurkan untuk tidak melakukan latihan ini karena akan memperlebar jarak antara tulang rusuk, dimana itu tidak baik untuk melakukan fighting. Bruce Lee juga menyarankan bahwa fighter harus mempunyai set tulang rusuk yang kuat. Jadi jika intensinya adalah untuk dipakai bertanding (fighting), jangan terlalu menitikberatkan pada latihan ini. Lakukan 2 set dengan 6 repetisi masing-masing.
 
Bruce Lee Good Mornings Exercises
 
Bruce Lee adalah penggemar dari good morning exercise. Cara melakukan latihan ini adalah dengan menahan barbell diatas pundak, kemudian memiringkan badan kedepan sembari menahan kaki dan punggung untuk tetap berada pada posisi lurus. Latihan ini akan sangat berbahaya jika dilakukan tanpa melakukan pemanasan sebelumnya dan berusaha mengangkat beban terlalu banyak. Lakukan 2 set dengan 8 repetisi masing-masing.
 
 
References:
1. http://www.motleyhealth.com/fitness/bruce-lee-workout
 
Diatas adalah beberapa contoh latihan Fitnes yang dilakukan. Dapat menjadi dasar dan fondasi yang baik bagi yang ingin merasakan latihan berbeda di momen yang special ini. So, siap membentuk sixpack? Siap membakar kalori yang masuk akibat makanan-makanan enak yang masuk pada saat perayaan?

Leave a Reply