News Update

Berolahraga dan umur Anda

ART - X/2012 - Berolahraga dan umur Anda

Satu hal yang perlu diketahui adalah massa otot akan berkurang seiring dengan pertambahan usia, apalagi ketika Anda sudah memasuki masa tua. Setelah Anda memasuki masa tua, kecepatan pengurangan otot akan lebih terasa. Ingat, bahwa otot Anda akan menopang rangka Anda untuk beraktivitas. Ketika massa otot berkurang, maka secara otomatis seseorang akan merasa kesulitan untuk beraktivitas di usia tua karena kehilangan kekuatan dan kemampuan motoriknya.
 
Bahkan, salah satu penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa jumlah massa otot yang hilang ketika memasuki masa tua merupakan salah satu parameter yang berhubungan dengan semakin pendeknya usia seseorang. Penelitian yang dilakukan terhadap subjek pria yang rata-rata berusia 50 tahun ini menunjukkan bahwa semakin cepat dan banyak jumlah otot yang hilang, maka semakin cepat juga subjek tersebut mengalami kematian.
 
Jadi, berolahragalah secara teratur untuk mempertahankan massa otot. Jika masih muda dan mampu menambah massa otot, lebih baik berolahraga lah tentunya didukung dengan suplemen, nutrisi, dan pola istirahat yang cukup. Ayo berolah raga untuk hidup sehat lebih lama!

Leave a Reply