News Update

Effective Calorie Consumption

ART - III/2012 - Effective Calorie Consumption

Bosan dipanggil ”si kurus” dan ingin memiliki tubuh atletis ideal? Fitnes saja tidak cukup, bro! Sudah waktunya Anda berkenalan dengan rahasia membentuk tubuh atletis ideal selain rutin ke gym.
 
The Secret of Calorie
 
Tahukah Anda, setiap hari selama bangun dan beraktivitas, bahkan ketika tidur pun, tubuh Anda menggunakan energy. Ahli nutrisi mengukur energi itu dengan satuan “Kalori”, dan energi itu berasal dari makanan yang Anda makan. Here’s the scientific secret of gain mass: naikkan kalori Anda perhari untuk meningkatkan massa otot, cukup tambah 500 Kalori sehari. Itu artinya, makan lebih banyak, namun tetap dikontrol. Mau tahu kebutuhan dasar kalori Anda perhari? Pengguna BlackBerry bisa cek di sini < http://l-men.veelabs.com/>.
 
Mau tahu kiat menaikkan asupan kalori tapi tetap sehat? Pastikan makanan Anda dalam sehari mengandung zat-zat gizi di bawah ini:

  • Protein. Protein adalah “batu bata” penyusun otot dan sixpack Anda. Kebutuhan protein tubuh kita adalah sebanyak 1,5-2 g perkilogram berat badan perhari. Tak hanya dari dada ayam dan telur, Anda juga bisa mendapatkan protein dari kedelai dan olahannya, kacang-kacangan, serta susu.
  •  
     
     
     

  • Karbo. Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh, dan satu-satunya energi otot saat Anda berlatih beban. Pilihlah sumber karbo seperti nasi merah dan roti gandum serta hindari gula sederhana terlalu banyak supaya energi Anda bertahan sepanjang hari.
  • Lemak sehat. Lemak yang terkandung dalam alpukat, minyak zaitun, kacang, dan ikan laut adalah lemak yang justru dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama otak. Walaupun begitu, tetap batasi konsumsinya dan hindari lemak jahat yang terdapat pada makanan yang digoreng.
  • Buah dan Sayur. Jangan sepelekan buah dan sayur! Antioksidan pada buah dan sayur bisa menangkal radikal bebas yang terbentuk ketika Anda latihan beban. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung mineral, vitamin, serta serat yang bisa menjaga Anda tetap bugar.
  •  
    Simple Meal Planning
     
    Mau lebih optimal dalam merencanakan pola makan? Ikuti tips sederhana di bawah ini:
     
    Sarapan: Oatmeal atau roti gandum dengan telur rebus bisa menjadi pilihan Anda. Kombinasi ini membantu menyediakan energi “tahan lama” dalam tubuh Anda. Kombinasikan dengan sayuran untuk gizi berimbang.
     
    Makan siang dan Makan Malam: Konsumsilah makan siang dan makan malam dengan porsi lebih banyak namun tetap bebas gorengan dan makanan berlemak lainnya. Khusus untuk makan malam, konsumsi karbohidrat hanya untuk membantu tubuh merasa lebih relaks dan lebih mudah tidur.
     
    Selingan: Snacking antara jam makan adalah cara yang oke untuk melengkapi kecukupan protein harian Anda. Snack tinggi protein seperti yogurt, protein shake, atau protein bar (http://www.l-men.com/supplement/l-men-hi-protein-bar) bisa Anda pilih untuk menu snack Anda. Pilihan lainnya? Buah-buahan bisa menjadi alternatif snack Anda.
     
    Sebelum dan Sesudah Fitness: Konsumsi susu tinggi protein (http://www.l-men.com/supplement/l-men-platinum) sebelum dan sesudah latihan beban, karena pada saat itulah tubuh lebih membutuhkan protein untuk memperbaiki sel-sel otot yang rusak. Barengi dengan konsumsi karbohidrat secukupnya (seperti pada jus buah atau pisang) setelah olahraga untuk mengembalikan cadangan karbohidrat pada otot dan mencegah terkikisnya otot akibat kekurangan tenaga.
     
    So? Siap makan sehat untuk tubuh lebih atletis?
     
     
    Referensi:
    • Boyle, M.A., & Long, S. (2007). Personal Nutrition. CA: Wadsworth Cengage Training
    • Sports Med (2004), 34(5): 317-327

    Leave a Reply