News Update

Exercise? Blood-ylicious!

ART - IV/2007 - Exercise? Blood-ylicious!

fitnes secara rutin memang banyak manfaatnya, mulai dari membantu memperbaiki penampilan hingga manfaat lainnya untuk kesehatan. Bahkan, fitnes ternyata juga dapat membantu meningkatkan kualitas darah. Tidak banyak yang tahu, mengapa kita penting memiliki kualitas darah yang baik. Padahal dengan memiliki darah berkualitas, Anda akan merasa lebih segar dan bugar. Tidak ada lagi perasaan cepat lelah, maupun kurang bertenaga yang biasa Anda alami.
 
Hasil penelitian yang tercantum pada jurnal Circulation menunjukkan bahwa fitnes dapat membantu meningkatkan aktivitas sel-sel darah merah. Perlu diketahui, sel-sel darah merah memiliki fungsi penting di dalam transportasi oksigen ke sel-sel tubuh. Penelitian ini menunjukkan bahwa selama fitnes, terjadi peningkatan aktivitas sel-sel darah merah yang disebabkan karena terjadinya peningkatan jumlah sel darah merah. Peningkatan aktivitas sel darah merah yang terjadi ini memang kemudian menurun kembali, sekitar 20 menit setelah fitnes. Namun, tetap lebih tinggi apabila dibandingkan dengan aktivitas sel darah merah sebelum mereka melakukan fitnes.
 
Hasil penelitian ini juga didukung oleh hasil penelitian lain, seperti tercantum pada Journal of Applied Physiology. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Colorado ini menyatakan bahwa para atlit lari ternyata memiliki volume darah yang lebih tinggi. Hal ini berkaitan dengan lebih tingginya volume sel darah merah dan plasma darah pada para atlit tersebut.
 
Lebih tingginya volume darah pada para atlit lari inilah yang menyebabkan mereka memiliki VO2-max yang lebih tinggi. Untuk informasi, VO2-max merupakan kapasitas maksimal untuk mengangkut dan menggunakan oksigen selama fitnes dan biasa digunakan untuk menyatakan tingkat kebugaran. Semakin tinggi VO2-max Anda, berarti Anda semakin bugar.
 
Nah, bertambah lagi satu alasan untuk fitnes secara rutin.. Buatlah diri Anda lebih sehat, termasuk dengan memiliki kualitas darah yang lebih baik.
 
Copyright L-Men Institute Juni 2007

Leave a Reply