News Update

Fight After Exercise

ART - IV/2009 - Fight After Exercise

Masih ingat dengan perjuangan para pahlawan bangsa. Tidak ada habis-habisnya mereka berperang mengusir penjajah dari tanah air kita. Walaupun sudah lama berlalu, tapi semangat kepahlawanan mereka tetap harus ada dalam diri Anda. Sebetulnya tanpa disadari, di dalam diri Anda juga sering terjadi peperangan. Kali ini musuhnya bukanlah Belanda ataupun Jepang, namun kerusakan sel yang selalu terjadi dalam tubuh dan tidak bisa dihindari.
 
Kerusakan sel tubuh kita, biasanya disebabkan oleh adanya radikal bebas. Tapi tenang saja, Anda dapat menemukan pahlawan sebagai tameng melawan radikal bebas, yaitu dengan antioksidan. Antioksidan memang sangat penting bagi kesehatan, terutama bagi Anda yang berolahraga secara rutin. Mengapa?






 
Apa itu Radikal Bebas?
 
Radikal bebas adalah senyawa yang terbentuk akibat proses oksidasi dan bersifat sangat reaktif (mudah bereaksi dengan senyawa lain) karena strukturnya yang terbuka. Radikal bebas sebenarnya ikut berperan di dalam beberapa fungsi tubuh, seperti membantu membunuh bakteri dan berperan di dalam proses komunikasi sel.
 
Namun, radikal bebas di dalam jumlah yang tinggi justru dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sel. Beberapa penyakit seperti Parkinson’s Disease, atherosclerosis (penyumbatan pembuluh darah), dan kanker diyakini berhubungan erat dengan radikal bebas.
 
Latihan Bisa Merusak?
 
Sebenarnya radikal bebas pasti akan terbentuk di dalam tubuh setiap hari, yaitu dari proses pernapasan yang melibatkan oksigen. Dari setiap 25 molekul oksigen yang digunakan saat pernapasan, akan terbentuk 1 molekul radikal bebas. Namun, ada beberapa hal yang diketahui yang dapat meningkatkan pembentukan radikal bebas, seperti fitnes.
 
Proceedings of the Nutrition Society menyatakan bahwa fitnes dapat meningkatkan penggunaan jumlah oksigen di dalam tubuh, hingga 10-15 kali lipat. Bahkan, laju oksigen yang masuk ke dalam mitokondria (tempat pembakaran energi) dapat meningkat hingga 100 kali lipat apabila fitnes dilakukan dengan intensitas tinggi. Akibatnya, jumlah radikal bebas yang terbentuk pun meningkat.
 
Antioxidant for Your Sports
 
Tapi, bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga. Olahraga tetap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Selain itu, tubuh kita sebenarnya sudah memiliki mekanisme untuk melindungi diri dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperbaiki kerusakan yang terjadi.
 
Masih khawatir? Tenang! Coba cari ’bantuan dari luar’ untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah dengan konsumsi antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang dapat menghambat terjadinya reaksi oksidasi dan pembentukan radikal bebas.
 
Jadi, jangan lupakan antioksidan setelah fitnes. Untuk memudahkan Anda, pastikan susu tinggi protein Anda juga mengandung suplemen antioksidan seperti vitamin C dan E. And let them fight in your body!

Leave a Reply