News Update

Fruits United: More Energy During Fitnes

ART - XI/2011 - Fruits United: More Energy During Fitnes

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas pisang sebagai tambahan energi untuk latihan beban ketika fitnes. Lantas adakah buah lain yang juga bisa memberikan ekstra energi?
 
Jika Anda membutuhkan energi ekstra saat latihan beban ketika fitnes, suplai karbohidrat kuncinya. Selain dengan suplemen, buah seperti pisang dapat memberi suplai karbohidrat secara cepat. Buah-buahan mengandung karbohidrat sederhana yang cepat diubah menjadi energi. Namun, bisa jadi Anda diserang kebosanan karena terus mengkonsumsi pisang setiap kali Anda pergi fitnes. Lantas, Anda kemudian mulai bertanya : adakah buah lain yang juga memiliki manfaat serupa?
 
 
 
 
 
 
 
 
Kami mencoba melakukan perbandingan kandungan karbohidrat dalam tujuh buah-buahan yang sering dijumpai di pasar dan supermarket, here’s what we found! Mereka adalah nangka, pisang, kiwi, pepaya, apel, mangga, dan pir. Ketujuh buah tersebut dipilih karena mudah didapat (tentu saja pria modern seperti Anda suka yang praktis, bukan?) dan juga kaya akan karbohidrat sederhana.
 
And the Winner is…
 
Dan buah dengan kandungan karbohidrat sederhana paling banyak adalah…
 
Nangka!
 
Ya, ternyata pisang bukanlah buah dengan kandungan karbohidrat sederhana yang paling tinggi. Nangka dan mangga memiliki kandungan karbohidrat sederhana lebih tinggi daripada pisang. Apel dan pir memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang hampir serupa, namun jumlahnya masih di bawah pisang, dan pepaya adalah buah dengan kandungan karbohidrat sederhana paling rendah diantara ketujuh buah yang dibandingkan.

Selain karbohidrat sederhana, buah-buah tersebut juga memiliki kelebihan lainnya. Kiwi dan pepaya mengandung vitamin C yang cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan pisang kaya vitamin B6 yang berperan dalam metabolisme protein. Dan jangan lupakan apel yang kandungan antioksidannya cukup untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh!
 
Practicality wins
 
Namun, dari segi kepraktisan, tak ada yang bisa menandingi pisang. Pisang dapat dikupas tanpa bantuan alat dan tidak terlalu mengotori tangan. Sepertinya akan lebih sulit untuk mengupas nangka, papaya, atau mangga tanpa bantuan pisau ketika fitnes, bukan? Bahkan buah kiwi yang lunak pun harus dimakan dengan alat makan. Apel dan pir memang bisa dimakan langsung dengan kulitnya, namun kebanyakan orang tak suka dengan cara makan seperti ini. But that doesn’t mean that you can’t bring your own freshly peeled and cut fruits to the gym, right?
 
Precautions
 
Walaupun Anda membutuhkan karbohidrat sederhana sebagai sumber energi waktu latihan beban, bukan berarti Anda bebas mengkonsumsi sebanyak-banyaknya. Konsumsi karbohidrat sederhana berlebihan (terutama saat Anda tidak melakukan latihan beban) dapat diubah oleh tubuh menjadi lemak yang dapat menutupi sixpack Anda; tentunya Anda tidak mau usaha keras untuk memahat sixpack jadi sia-sia, bukan?

So, what fruits would you get today?
 
 
Referensi

USDA. (2011). Nutrient Data Laboratory. Retrieved November 7, 2011 from http://www.nal.usda.gov/fnic/foodcomp/search/

Leave a Reply