Futsal Teknik Sehat untuk Tubuh Kamu

Futsal

Futsal merupakan salah satu olahraga yang kini tengah digandrungi banyak pria muda. Bermain futsal biasanya dilakukan untuk membakar kalori sambil bersenang-senang dengan rekan sekantor maupun sahabat karib. Futsal biasanya dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 5 orang. Meski teknik bermain futsal mirip dengan sepakbola yang beranggotakan 11 orang dalam setiap timnya, futsal memiliki beberapa keunggulan.

 

Olahraga ini dimainkan di lapangan yang lebih kecil, membuat ruang gerak lebih sempit. Hal ini membuat pemain futsal cenderung lebih tangkas dalam menghindari lawan. Penelitian bahkan menyebutkan bahwa pemain futsal cenderung menerima bola 6 kali lebih banyak ketimbang pemain sepakbola. Efeknya, Bro? Efeknya, pemain futsal dapat lebih leluasa dalam mengaplikasikan teknik bermain futsal yang mereka miliki seperti dribbling, passing, controlling, and running. Secara natural, futsal membuat tiap pemain yang mendapatkan bola akan merasa dipojokkan oleh lawan sehingga gerakan refleksnya akan meningkat secara alami.

 

Selain itu, terbatasnya alokasi waktu dalam satu pertandingan futsal memacu pergerakan tiap pemainnya sekaligus encourage them to innovate and be creative. Pace permainan yang cepat tentu menguras tenaga sehingga membutuhkan stamina yang prima. Bahkan, tidak sedikit pemain sepakbola profesional berasal dari lapangan futsal, seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Ronaldinho, bahkan Pele.

 

“As a little boy in Argentina, I played futsal on the streets and for my club. It was tremendous fun, and it really helped me become who I am today.” – Lionel Messi

 

 

Sumber:

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0CCIQFjAB&url=http%3A%2F%2Fwww.thefa.com%2F~%2Fmedia%2Ffiles%2Fpdf%2Fget%2520into%2520football%2Fsmall%2520sided%2520football%2Ffa-futsal-benefits-guidance-resource.ashx&ei=3KzDVIuJG4W3mAWnhoHACg&usg=AFQjCNFHkRnJn_bTsPFA84QSPqogfkD1Lg&sig2=kPPF5NZWFPa84D2DxDLXLg

Diakses pada 2 March 2015