Kapankah Waktu yang Tepat untuk Berolahraga?

Olahraga

Selain pola diet sehat dan jenis olahraga yang dijalani, ternyata ada faktor lain yang bisa membantu kamu mengoptimalkan kesehatan, Bro. Faktor tersebut adalah saat tepat untuk berolahraga. Kapan waktu-waktu yang disarankan untuk berolahraga? Let’s find the answer!

 

Sebelum menentukan waktu paling tepat untuk berolahraga, kamu harus memastikan terlebih dahulu siklus tubuh kamu, Bro. Ternyata, tekanan darah, suhu tubuh, hormon, dan detak jantung berpengaruh terhadap kesiapan tubuh kamu untuk melakukan olahraga. Konsultasikan hal ini dengan dokter atau sport nutritionist kamu dan temukan waktu yang baik untuk berolahraga.

 

Namun, apabila kamu menemui kesulitan untuk menemukannya, berolahraga di pagi hari adalah alternatif terbaik bagi kamu. Para ahli menyatakan bahwa jika kamu ingin mencari konsistensi dalam berolahraga, pagi hari adalah saat yang lebih baik untuk memulai pola hidup sehat  kamu tersebut. Jangan lupa untuk warming up terlebih dulu Bro, untuk menaikkan suhu tubuh, melenturkan otot, dan mencegah cidera.

 

Namun, tak sedikit juga orang yang memutuskan untuk rutin berolahraga di sore hari usai bekerja. Umumnya, hal ini dilakukan untuk menghindari ‘perlawanan’ dari tubuh mereka yang kerap muncul di pagi hari, seperti rasa kantuk, malas, dan sebagainya.

 

Cara paling mudah menentukan saat yang tepat bagi kamu untuk berolahraga adalah dengan mencoba semuanya, Bro. Cobalah berolahraga di pagi, siang, maupun sore hari. Saat mana yang membuat kamu merasa lebih nyaman dan membuat kamu merasa lebih baik? Itulah waktu yang dapat memberikan manfaat olahraga  lebih banyak untuk kamu. So, find your own magic time!

 

 

Sumber:

webmd.com/fitness-exercise/whats-the-best-time-to-exercise?page=2

heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/PhysicalActivity/When-Is-the-Best-Time-of-Day-to-Work-Out_UCM_438922_Article.jsp

Diakses pada 18 Juni 2015