Ketahui Beragam Teknik Shooting dalam Basket

Basket

Dari sekian banyak teknik dasar basket  yang dapat kamu pelajari, shooting adalah salah satunya yang wajib kamu kuasai. Tentu saja, Bro! Berikut ini adalah jenis-jenis shooting dalam permainan bola basket yang harus kamu ketahui. Let’s check them out!

 

  1. Jump shot. Biasanya, jenis shooting ini dilakukan untuk mid-long shooting range, termasuk tembakan tiga angka. Namun, kamu juga bisa menggunakannya dalam jarak dekat untuk menghindari Jump straight up dan tembak bola ketika kamu berada di titik tertinggi lompatan.
  2. Free throws. Tembakan bebas ini termasuk ke dalam set-shot yang dilakukan dengan menggunakan kedua tangan. Biasanya, pemain pemula menggunakan kedua tangannya saat menembak karena belum terbiasa menggunakan satu tangan. Dalam free throws tidak ada loncatan.
  3. Lay-up. Tembakan ini adalah tembakan jarak dekat, biasanya dilakukan setelah kamu dribbling bola, maupun menerima operan dari kawan kamu, Bro. Tembakan kembali ke ring setelah kamu gagal dalam tembakan pertama juga biasanya dilakukan dengan lay-up. Typical lay-up mengombinasikan penangkapan bola dengan kedua tangan, mengarahkannya ke ring di depan wajah kamu, dan menembakkannya. Semuanya berada dalam satu rangkaian gerakan tanpa terputus.
  4. Dunk. Nah, jenis tembakan yang satu ini justru lebih mengutamakan jumping skill ketimbang shooting skill kamu, Bro! Jika kamu mampu meloncat cukup tinggi dan memiliki kontrol yang baik terhadap bola, kamu dapat memasukkan bola ke dalam ring tepat dari atas.

 

Dari sekian banyak teknik basket , teknik shooting manakah yang sudah kamu kuasai?

 

 

Sumber:

livestrong.com/article/131770-types-shooting-basketball/

everydayhealth.com/photogallery/everyday-exercises.aspx#14

Diakses pada 6 Juni 2015