Key Strategy
Ada 3 poin penting dalam menjalani pola hidup untuk mempertahankan berat badan normal dan massa otot. Pertama, untuk menjaga berat badan ideal, Kamu harus menjaga asupan kalori di kisaran 2300 kalori setiap harinya, Bro. Kedua, tentu saja Kamu pun harus berolahraga yang teratur. Dan, yang ketiga adalah istirahat yang cukup dan berkualitas.
Menjalani pola hidup sehat memang tidak semudah kelihatannya. Namun, bukan berarti hal ini mustahil dilakukan, Bro. Saat ini sudah banyak tips yang dapat membantu Kamu menjalani pola hidup sehat, baik pola hidup sehat sebagai cara menguruskan badan, cara menggemukkan badan, atau pun cara mempertahankan berat badan dan massa otot.

Kunci Utama Pola Hidup Sehat

3 KUNCI UTAMA melakukan pola hidup sehat yang dapat mempertahankan/ meningkatkan massa otot dan menurunkan lemak tubuh cepat & sehat:

  • 1
  • NUTRISI
    yang TEPAT

Pola makan dan nutrisi yang tepat tidak hanya membantumu mempertahankan massa otot dan menurunkan kadar lemak tubuh, namun juga dapat meningkatkan massa otot, Bro! Hasilnya, Kamu akan mendapatkan tubuh atletis nan ideal. Kamu bisa mengikuti pola makan di bawah ini sebagai panduan menjalani diet sehat:
CONTOH POLA MAKAN

SARAPAN PAGI

1.5 porsi oatmeal
(+- 6 sdm oat)
5 butir putih telur
1 buah pisang

SNACK PAGI

2 bungkus L-Men Amino Bar
1 potong papaya

MAKAN SIANG

1 porsi nasi merah
2 potong (@100 g)
dada ayam panggang
1 porsi sayur

SNACK SORE

2 bungkus L-Men Amino Bar
1 potong apel

LATIHAN

1 sajian susu L-Men
Advanced
/ Platinum/ Basic
dan 1 botol L-Men Water
sebelum dan sesudah latihan

MAKAN MALAM

1 porsi nasi merah
1 potong sedang
(@100 g) Tuna panggang
1 mangkuk sup kacang merah
1 pepes tahu & 1 apel
*Di hari istirahat, konsumsi susu L-Men sebagai tambahan sarapan pagi dan makan malam.

Pola makan sehat di atas dapat memberikan hasil yang lebih optimal jika Kamu mengikuti tips and trick berikut ini, Bro:

Tips and Trick

Kombinasikan protein,
karbohidrat, dan serat

Protein merupakan bahan baku pembentuk otot. Makanan tinggi protein dibutuhkan untuk pembentukan otot dan sixpack. Pilih makanan tinggi protein dan rendah lemak untuk membentuk otot yang lebih kering dan sixpack yang lebih tajam. Contoh makanan tersebut adalah putih telur, ikan, dada ayam, dan susu rendah lemak.
Karbohidrat merupakan sumber energi yang diperlukan saat Kamu melakukan aktivitas sehari-hari dan saat latihan. Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti gandum utuh dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti putih, gula, atau cookies. Apabila asupannya berlebihan, karbohidrat sederhana akan disimpan sebagai lemak. Sedangkan karbohidrat kompleks dicerna perlahan oleh tubuh sehingga dapat menyediakan energi yang lebih lama.
Sayur dan buah merupakan sumber serat sekaligus sumber vitamin dan mineral yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kebugaran tubuh.

Perhatikan Cara Memasak Makanan

Perlu diketahui, Bro, menggoreng merupakan metode memasak yang tidak disarankan mengingat akan ada lebih banyak lemak (dari minyak) yang terkandung pada makanan Kamu. Pilihlah moetode memasak yang lebih sehat seperti kukus, rebus, panggang atau bakar untuk mengurangi asupan lemak dalam tubuh Kamu.

Konsumsi L-Men sebelum dan sesudah latihan atau olahraga

Sebelum latihan atau olahraga, protein dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan penggunaan energi dan mengaktifkan pembentukan otot. Usai latihan atau olahraga, protein pun dibutuhkan oleh tubuh untuk mempercepat proses pemulihan dan memaksimalkan proses perkembangan otot. Oleh karena itu, konsumsi protein berkualitas tinggi seperti Whey Protein yang terkandung dalam L-Men sebelum dan setelah latihan atau olahraga untuk pembentukan otot secara maksimal. Jangan lupa, minum L-Men Water ketika berolahraga untuk membantu pembakaran lemak.

  • 2
  • LATIHAN
    atau
    OLAHRAGA

Selain mencukupi nutrisi harian, olahraga teratur juga penting dilakukan dalam pola hidup sehat, Bro. Tapi jangan salah, olahraga atau latihan tidak hanya jadi cara menguruskan badan, tapi juga mempertahankan berat badan normal. Lakukan olahraga secara teratur (3-4 hari/minggu) masing-masing selama 30-60 menit. Dua jenis latihan yang bisa Kamu lakukan adalah kardio dan latihan beban (weight training). Pola makan dan nutrisi tepat yang dibarengi olahraga teratur diperlukan untuk mempertahankan atau menambah massa otot serta menurunkan lemak yang berujung pada terbentuknya tubuh yang atletis ideal. Sebagai contoh, Kamu bisa mengikuti pola latihan selama 7 hari berikut ini:
CONTOH POLA LATIHAN
  • Day 1

    Dada
    Tricep
    Perut
  • Day 2

    Istirahat
  • Day 3

    Punggung
    Bisep
    Perut
  • Day 4

    Renang/
    Futsal
  • Day 5

    Kaki
    Bahu
    Perut
  • Day 6

    Istirahat
  • Day 7

    Jogging/
    Lari
LANJUTKAN KE VIRTUAL PT UNTUK POLA LATIHAN SELENGKAPNYA >

Untuk mengoptimalkan latihan, jangan lupa melakukan hal-hal di bawah ini agar Kamu terhindar dari cidera:

Tips and Trick

Melakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan sebelum latihan atau olahraga bertujuan untuk mempersiapkan tubuh Kamu dan menghindari terjadinya cidera. Pendinginan setelah latihan atau olahraga pun diperlukan untuk memperlancar kembali sirkulasi darah sehingga rasa lelah dapat cepat hilang.

Waktu istirahat yang pendek antar set (30 – 60 detik)

Istirahat antar set adalah saat pemulihan tenaga bagi otot sehingga otot memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan set berikutnya. Waktu istirahat yang pendek dapat membantu Kamu tetap fokus sehingga memaksimalkan latihan beban yang sedang dilakukan.

Bosan fitness?

Aktivitas olahraga lainnya seperti sepak bola, futsal, basket, dan renang dapat meningkatkan stamina Kamu sekaligus mendukung pembentukan otot, sixpack, dan pembakaran lemak. Kamu juga dapat melakukan home exercise seperti push up, pull up, squat jump, dan sit up kapan pun dan dimana pun.

  • 3
  • ISTIRAHAT
    yang CUKUP

Langkah pola hidup sehat yang terakhir adalah memperoleh istirahat yang cukup. Istirahat bertujuan untuk memulihkan stamina atau recovery tubuh dan untuk mengoptimalkan pertumbuhan otot.

Tips and Trick

Lama tidur yang disarankan adalah sekitar 7-8 jam setiap harinya. Selain itu, demi mendapatkan tidur yang optimal dan berkualitas, berolahragalah paling tidak 4 jam sebelum Kamu tidur.

Selain sebagai cara menggemukkan badan atau cara menguruskan badan, pola hidup yang sesuai juga bisa membantu mempertahankan berat badan ideal dan menambah massa otot. Yang penting, jalani pola hidup sehat ini secara konsisten.
Hasilnya, tubuh ideal nan atletis akan menjadi milikmu!
Jadi, tunggu apa lagi, Bro?

PRACTICE ANYWHERE WITH
VIRTUAL PT

CALORIE COUNTER
MEASURE YOUR CALORIES INTAKE

} ?>