News Update

Manajemen Mood Anda

ART - VII/2010 - Manajemen Mood Anda

Dengan kesibukan dan stres kerja yang luar biasa, emosi sering kali menghampiri Anda di tempat kerja. Misalnya saja ketika deadline sudah dekat, tetapi tim yang seharusnya mendukung proyek Anda tidak memberikan performa yang memuaskan. Di saat–saat seperti inilah, L-Men justru menyarankan Anda untuk meluangkan waktu sedikit untuk berolah raga. Meredam Amarah Anda
 
Seperti aspirin untuk sakit kepala, fitnes juga telah terbukti mencegah nafsu untuk marah meledak keluar. Demikian perumpamaan yang dilontarkan oleh Nathaniel Thom, PhD, peneliti dari University of Gergia, AS yang melakukan riset yang menghubungkan fitnes dan temperamen. Penelitian yang melibatkan 16 mahasiswa yang memiliki temperamen pemarah, membuktikan bahwa setelah melakukan aktifitas bersepeda selama 30 menit para mahasiswa ini memberikan reaksi yang lebih terkontrol pada hal–hal yang memancing marah.
 
Mungkin Anda juga pernah mengalaminya? Penjelasan mengenai fenomena ini dicoba dijelaskan dengan hipotesis berikut. Rasa marah disebabkan oleh rendahnya kadar hormone serotonin yang berfungsi untuk menenangkan. Fitnes dalam hal ini, dapat meningkatkan kadar serotonin otak seperti yang sudah diujicobakan pada hewan. Tak heran seusai fitnes, emosi dapat lebih terjaga. Meningkatkan kualitas istirahat Anda.
 
Berolahraga selama 30 menit juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Tidur atau beristirahat merupakan kegiatan yang krusial dilakukan oleh setiap manusia. Tidur memegang peranan dalam mengembalikan energi (proses recovery) ; dan mengistirahatkan otak dan proses pembersihan dari pikiran – pikiran yang mengganggu. Tidur yang baik juga mempengaruhi mood Anda hari itu.
 
Nah, ketika Anda selesai fitnes dan beristirahat dengan cukup, kini Anda siap menghadapi tim tadi dengan emosi yang lebih terkendali. Trust Me, It Works!

Leave a Reply