Membentuk Tubuh Atletis Tak Harus dengan Steroid

Fitness

Kaum pria seringkali terinspirasi untuk memiliki tubuh atletis bak atlet binaragawan atau selebriti. Memiliki tubuh atletis memang tampak keren dan mengagumkan, namun bukan berarti hal tersebut patut diperoleh dengan cara yang instan. Salah satu cara membentuk otot secara instan dan sering dipilih oleh kaum pria adalah menggunakan steroid.

 

Apa itu steroid?

 

Steroid adalah bentuk sintetik dari hormon testosteron. Sebenarnya, hormon testosteron adalah hormon pada tubuh pria yang berperan penting dalam pubertas dan proses pembentukan otot. Karena testosteron memiliki peranan dalam pembentukan otot, hal inilah yang kemudian menjadi dasar pemikiran yang mengilhami penggunaan steroid sebagai salah satu cara membentuk otot secara instan.

 

Sebenarnya, pemberikan resep steroid anabolik oleh dokter dilakukan untuk mengobati gejala-gejala penyakit tertentu, seperti terlambatnya pubertas atau gejala penurunan fungsi otot (atrofi) pada penderita AIDS. Namun, akhirnya banyak kaum pria yang memutuskan untuk menggunakan steroid sebagai jalan pintas untuk meningkatkan hormon testosteron dalam jumlah yang besar. Jumlah hormon testosteron yang melonjak pada tubuh pria akan membuat pria lebih mudah membentuk otot menjadi lebih besar dengan intensitas latihan yang tidak terlalu ketat. Penggunaan steroid tidak lah aman untuk kesehatan. Pasalnya, steroid memberikan efek samping, seperti kemandulan, menurunnya sel sperma, bahkan sampai kanker hati yang pada akhirnya berujung pada kematian. Bukannya memperoleh tubuh atletis, malah membuat tubuh tidak sehat.

 

Alangkah baiknya bila kita menghindari penggunaan steroid dan mulai melakukan cara membentuk otot secara alami. Cara membentuk otot secara alami juga akan memberikan banyak keuntungan, lho. Selain membiasakan diri dengan pola hidup sehat dan pola aktivitas fisik yang rutin, aktivitas fisik yang dilakukan di gym atau di komunitas tertentu akan membuat kamu lebih aktif berinteraksi dengan teman-teman baru.

 

Bukankah seru mengenal teman-teman baru dengan motivasi yang sama untuk hidup sehat? Yuk, dapatkan tubuh atletis dengan cara yang sehat dan menyenangkan, Bro!

 

 

Source:

webmd.com/fitness-exercise/news/20050316/why-steroids-are-bad-for-you

allergies.about.com/od/medicationinformation/a/systemicsteroid.htm

http://www.webmd.com/men/guide/anabolic-steroid-abuse-topic-overview?page=2