Mencegah Cidera Saat Berolahraga Bola Basket

Basket

Dalam menjalani aktivitas olahraga, keselamatan dan keamanan tentulah hal penting yang harus diperhatikan, Bro. kamu boleh saja menggemari olahraga bola basket, bola voli, sepak bola, bulu tangkis, atau olah raga apapun. Namun, semuanya akan sia-sia saja jika kamu tidak menjaga keselamatan dan memperhatikan keamanan. Karena hal tersebut akan memperbesar risiko kamu mengalami cidera.

Jika kamu adalah penggemar olahraga bola basket, tentu banyak teknik dasar basket yang menggerakkan hampir seluruh tubuh kamu. Nah, bagaimana caranya menghindari cidera saat bermain bola basket, Bro? Check this out!

  1. Gear. Jangan memandang sepele perlengkapan olahraga yang kamu gunakan, Bro. Sepatu, misalnya. Belilah sepatu yang sesuai dengan olahraga yang kamu lakukan. Perlengkapan olahraga yang tepat akan mengurangi resiko kamu mengalami cidera.
  2. Warming up. Pemanasan juga merupakan sesi olahraga yang cukup penting lho, Bro. Meskipun kamu hanya melakukan beberapa teknik dasar basket, otot-otot kamu perlu dilenturkan terlebih dulu melalui pemanasan. Sehingga, risiko kamu mengalami cidera ringan seperti terkilir maupun nyeri otot dapat diminimalisir.
  3. Stay off the court when you’re hurt. Ketika kamu sudah mulai merasa tidak enak badan atau nyeri, don’t push yourself, Bro. Nyeri merupakan satu tanda penolakan tubuh terhadap aktivitas yang kamu lakukan. Turutilah kemauan tubuh kamu untuk beristirahat sejenak.
  4. Stick to the rule. Bermain basket memiliki aturan tersendiri yang menjaga kamu dari hal-hal yang tidak Anda inginkan. Patuhilah peraturan tersebut Bro, dan kemungkinan kamu mengalami cidera tentu akan berkurang.

A maximum preparation is needed in workout, Bro. Lebih baik mencegah daripada menyembuhkan, bukan?
Sumber:
familydoctor.org/familydoctor/en/teens/food-fitness/sports-and-exercise-safety.html
personalhealthzone.com/preventbasketballinjuries.html