Mengenal Lebih Jauh Tentang Cidera dalam Berolahraga

Futsal

Dalam berolahraga, kamu dianjurkan untuk tidak hanya peduli pada cara membentuk tubuh. Banyak hal yang harus disiapkan untuk meraih hasil yang optimal, mulai dari persiapan olahraga, makanan dan minuman yang dapat menunjang upaya meraih berat badan ideal, hingga tindakan pencegahan agar terhindar dari cidera. Apalagi jika kamu hobi bermain futsal Bro, risiko cidera tentu terus mengikuti kamu, bukan? Teknik bermain futsal yang dilakukan dengan baik memang akan menghindarkan kamu dari cidera, namun kamu tetap harus berhati-hati, Bro.

 

Kali ini, kamu akan diajak mengenal beberapa jenis cidera yang biasanya dialami oleh para pemain sepak bola. Let’s check them out!

 

Ankle sprains

Cidera ini merupakan cidera paling umum yang dialami para atlet sepak bola maupun futsal. Biasanya, ankle sprains terjadi saat otot ligamen di sekitar sendi mata kaki sobek atau tertarik.

 

Harmstring

Pasti kamu sering mendengar jenis cidera ini kan, Bro? Cidera hamstring terjadi ketika otot di belakang paha kamu mengalami tarikan atau tekanan berlebih. Tingkat keseriusan cidera ini beragam, dari yang ringan hingga fatal.

 

Achilles tendonitis

Cidera ini merupakan cidera kronis yang terjadi karena overuse kaki kamu saat bermain futsal. Rasa sakit akan terasa di belakang mata kaki saat kamu mengalami achilles tendonitis.

 

Muscle cramps

Kram otot biasanya diakibatkan oleh otot yang berkontraksi secara ‘terpaksa’ dan tiba-tiba. Biasanya terjadi pada kondisi saat otot dipaksa berkontraksi tiba-tiba tanpa pemanasan terlebih dahulu.

 

 

Jadi, tetap perhatikan kesehatan tubuh kamu ketika berolahraga ya, Bro! Untuk menghindari cidera terjadi, selalu ingat untuk melakukan peregangan atau stretching sebelum melakukan olahraga.

 

 

Sumber:

sportsmedicine.about.com/od/soccerinjuries/a/soccerinjury.htm

ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20375741

Diakses pada 11 Mei 2015