Mengenal Ragam Makanan dengan Zat Besi Tinggi

Nutrisi

Zat besi membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga, tak heran, mereka yang kekurangan zat besi seringkali merasa lelah. Kekurangan zat besi dapat menjadi masalah bagi kesehatan, Bro. Jika kamu sering merasa lelah karena adanya indikasi kekurangan zat besi, sangat dianjurkan untuk segera menambah asupan zat besi, baik melalui konsumsi suplemen ataupun makanan-makanan alami dengan kandungan zat besi yang tinggi.

 

Beberapa makanan berikut ini dapat menjadi referensi kamu dalam memenuhi kebutuhan zat besi harian kamu. Check them out!

 

1. Ikan dan makanan laut.

Ikan dan makanan laut lainnya, selain berprotein tinggi, juga mengandung zat besi yang diperlukan oleh tubuh, Bro. Kerang, tiram, dan ikan mengandung zat besi yang dinamakan Heme adalah bentuk zat besi yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Seseorang yang mengalami anemia dianjurkan untuk rutin mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya.

 

2. Sayur-sayuran.

Sayur-sayuran seperti bayam dan kangkung dapat menjadi sumber zat besi yang baik bagi tubuh kamu, Bro. Menurut penelitian, satu porsi bayam rebus mengandung sekitar 3,2 mg zat besi.

 

3. Daging Sapi.

Daging sapi mengandung zat besi heme yang tinggi. Daging sapi pun kaya akan kalori, Bro. Hal ini penting bagi kamu yang mengalami anemia dan ingin mencapai berat badan ideal, terutama jika kamu Namun, tetap perhatikan cara memasak, yaitu lebih baik dipanggang, dikukus, atau direbus daripada digoreng.

 

Kesehatan sangat penting, termasuk di antaranya adalah mengatasi anemia. Perlu diingat juga, jika kamu sedang mencari cara menambah berat badan , makanan di atas juga bisa menjadi alternatif makanan sehat kamu.

 

 

Sumber:

everydayhealth.com/pictures/foods-high-in-iron/#04

livestrong.com/article/273473-iron-rich-foods-for-iron-deficiency-and-anemia/

Diakses pada: 21 Juni 2015