News Update

Tehnik Baru ala Mr. Universe

ART - IV/2008 - Tehnik Baru ala Mr. Universe

Apakah Anda suka mencoba hal-hal yang baru? Atau Anda lebih suka bertahan pada hal-hal yang biasa Anda lakukan? Apapun jawabannya, berkenalan dengan sesuatu yang baru tidaklah salah. Kali ini, Anda kami ajak untuk berkenalan dengan pola latihan baru, yaitu PHA training
 
What is PHA training?
 
Peripheral Heart Action Training atau banyak dikenal sebagai PHA training merupakan salah satu jenis latihan bodybuilding circuit training (kombinasi latihan ketahanan dan kekuatan). PHA training dikembangkan oleh Dr. Arthur Steinhaus, namun baru mulai dipopulerkan oleh Bob Gadja, mantan Mr. Universe, pada tahun 1960-an.
 
PHA training mengkombinasikan resistance training (latihan yang dilakukan dengan melawan suatu gaya tertentu) untuk tubuh bagian bawah dan tubuh bagian atas secara bergantian, dengan tujuan untuk menjaga aliran darah yang merata ke seluruh tubuh pada saat latihan. Dasar dari PHA training adalah melakukan latihan secara fokus dan berpindah dari latihan yang satu ke latihan yang lain secepat mungkin.
 
Keuntungan dari PHA training
 
Pada latihan biasa, darah akan terpompa ke otot yang sedang dilatih dan meninggalkan bagian-bagian lain yang kurang digunakan. Pada PHA training seluruh tubuh dilatih sehingga aliran darah tidak terpompa dan terpusat pada bagian tertentu, melainkan mengalir ke seluruh bagian tubuh secara merata. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya denyut jantung dan tingkat metabolisme tubuh. Perlu diingat bahwa meningkatnya laju metabolisme tubuh berarti meningkatnya pembakaran kalori.
 
PHA Training juga dapat membantu meningkatkan ketahanan latihan karena dilakukan secara kontinu. Hal ini dapat mendorong tubuh untuk bekerja dengan tingkat ketahanan yang lebih optimal. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan latihan juga lebih singkat karena berkurangnya waktu istirahat antar latihan.
 
Pada dasarnya, PHA training bertujuan untuk mengkombinasikan keuntungan dari aerobic training dan resistance training. Jadi, dengan melakukan PHA training, Anda akan dapat membentuk otot (keuntungan dari resistance training) dan mengoptimalkan kerja sistem kardiovaskular (keuntungan dari aerobic training).
 
Nah, bagi Anda yang suka mencoba hal-hal baru, Anda dapat mencoba PHA training. Namun, apapun jenis latihan yang Anda lakukan, yang terpenting adalah untuk tetap melakukan latihan tersebut secara rutin dan jangan lupa atur pola makan tinggi protein namun rendah lemak.
 
 
Copyright L-Men Institute January 2008.

Leave a Reply