Rahasia Beban, Set, Repetisi untuk Hasil Maksimal

Fitness

Bila Anda sering mengakses website ini, kami yakin Anda pasti sudah mulai fitnes cukup lama. Namun, tahukah Anda fitnes tidak sekedar mengangkat barbell sekian kilogram dalam beberapa kali angkatan?

 

Sejak diperkenalkan lebih kurang 25 tahun yang lalu, latihan beban memang makin populer belakangan ini. Tak hanya bagi para bodybuilder, jenis olahraga ini juga kerapkali dilakukan pria-pria aktif dengan tujuan untuk mendapat tubuh ideal. Namun, berbagai riset menunjukkan pola latihan tertentu dapat berkontribusi untuk tujuan tertentu pula. Dan, peneliti di bidang olahraga telah mengidentifikasi tiga gol yang umum dicapai oleh para pelaku fitnes, yakni pembesaran massa otot (hypertrophy), peningkatan kekuatan otot (muscular strength), dan peningkatan daya tahan otot (muscular endurance).

 

Lalu, bagaimana ramuan latihan yang tepat untuk satu gol yang spesifik? Jangan khawatir, kami sarikan berbagai penelitian mengenai pola fitnes yang tepat untuk gol yang tepat.

 

Bila tujuan Anda adalah:

Mau yang lebih praktis? Anda bisa mengikuti progran Workout Guide di L-Men.com. Jadi, sudah siap merencanakan latihan agar lebih efektif?

 

Ref:

Designing resistance training program to enhance muscular fitness. Sports med 35(10): 841-851, 2005.