News Update

Benarkah Pesan Yang Terkandung Dalam Motto Kita? Ini faktanya!

ART - VI/2012 - Benarkah Pesan Yang Terkandung Dalam Motto Kita? Ini faktanya!

What’s your fitness motto? Pasti ada sebaris kata-kata penyemangat yang seringkali Anda gumamkan di gym. Atau mungkin, ada kata-kata yang sering diucapkan personal trainer Anda untuk memaksa Anda melakukan satu angkatan lagi? Coba cek artikel berikut ini untuk mengetahui “kebenaran” di balik motto-motto tersebut.
 
Motto 1: No pain, no gain
Motto ini sering sekali diagung-agungkan di tempat fitnes; banyak orang percaya, rasa sakit adalah kunci untuk membentuk tubuh atletis. Kenyataannya, kunci dari pembentukan otot adalah memaksa otot Anda mengangkat lebih berat dari kemampuan otot saat itu sehingga terbentuk otot baru yang lebih besar dan lebih kuat.
 
 
 
 
 
 
Tapi, bila Anda merasa lelah berkepanjangan, lebih mudah terserang flu, mudah tersinggung, serta sering sakit di persendian, Anda harus waspada. Itu adalah gejala awal overtraining, yang efeknya justru merusak otot Anda. Untuk menghindari overtraining, rencanakan latihan Anda dengan seksama, penuhi kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat, protein, serta air, dan istirahat yang cukup1.
 
Motto 2: Sleep big and eat big to get big
Istirahat, terutama tidur, adalah bagian penting dalam pembentukan tubuh ideal. Saat Anda tidur, tubuh Anda beradaptasi dengan stress yang dialami selama latihan. Selain itu, saat tidur, tubuh meregenasi otot yang dilatih saat fitnes2. Itu artinya, dengan tidur cukup, Anda justru semakin mungkin mendapatkan tubuh atletis. Untuk pria dewasa seperti Anda, waktu tidur yang disarankan adalah 7-8 jam sehari.

Tapi, bukan berarti Anda bisa mendapatkan tubuh ideal dengan makan apa saja dengan porsi lebih banyak. Memang, nutrisi yang dibutuhkan oleh pria dewasa yang fitness teratur lebih banyak dibanding pria normal; kebutuhan proteinnya saja meningkat hingga 1,5-2 g per-Kg perhari. Tapi, bila makanan yang Anda makan adalah makanan-makanan tinggi lemak, tentu saja tubuh gemuk yang akan Anda dapatkan, bukan tubuh atletis ideal.
 
Motto 3: (Exercise to) Feel better, now.
Itu benar! Bila Anda tidak terkena jebakan overtraining, Anda bisa menikmati tubuh yang lebih bugar dan tahan sakit berkat olahraga teratur3. Selain itu, Anda bisa mendapat tubuh ideal yang sudah Anda idam-idamkan. Tubuh ideal adalah buah dari berlatih intensif selama berbulan-bulan, namun Anda sudah bisa memanen manfaatnya mulai sekarang. So, keep fighting, bro! And keep it smart!
 
 
Referensi:

  1. Quinn, E. (2011). Overtraining Syndrome. http://sportsmedicine.about.com/cs/overtraining/a/aa062499a.htm
  2. Quinn, E. (2012). Rest and Recovery after Exercise. http://sportsmedicine.about.com/od/sampleworkouts/a/RestandRecovery.htm
  3. Quinn, E. (2011). Exercise and Immunity. http://sportsmedicine.about.com/od/injuryprevention/a/Ex_Immunity.htm

Leave a Reply