News Update

Saatnya “kenalan” dengan Nutrition Facts

ART - IV/2012 - Saatnya “kenalan” dengan Nutrition Facts

Suka atau tidak, tubuh atletis ideal tidak hanya ditentukan dari berapa lama Anda fitnes atau seberapa berat angkatan bicep curl Anda. Makanan yang Anda makan, terutama snack, juga mempengaruhi apakah—dan seberapa lama—Anda bisa memunculkan guratan sixpack idaman di perut Anda.
 
From Your Food With Love
 
Untungnya setiap produsen makanan diwajibkan mencantumkan apa saja kandungan makanan dalam produk mereka. Ya, di dalam kotak putih berjudul “Informasi Nilai Gizi” (Nutrition Facts) itu tercantum semua informasi yang Anda butuhkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Tidak tahu cara bacanya? Read on!
 
Seems familiar? Ya, untuk artikel ini, digunakan Informasi Nilai Gizi L-Men Amino Bar. Grab yours and let’s study together!
 
 
 
 
 
 
Panel 1. Di panel ini, terdapat Takaran Saji dan Jumlah Sajian per-Kemasan. Perlu Anda ingat, tidak selamanya satu bungkus makanan (misalkan potato chips ukuran besar) berarti satu saji, dan dari panel inilah Anda bisa mendapatkan informasi berapa banyak sajian yang tersedia dalam satu bungkus makanan. Untuk L-Men Amino Bar, satu sajiannya adalah dua bar, dan dalam satu kemasan L-Men Amino Bar terdapat dua sajian.
 
Panel 2. Dari sini, Anda bisa mengetahui Energi Total (dalam Kalori) di satu sajian makanan Anda; Satu sajian L-Men Amino Bar mengandung 220 kalori. Yang perlu Anda waspadai adalah berapa banyak Energi dari Lemak, karena lemak lebih sulit diubah menjadi energi.
 
Panel 3. Nah, panel inilah yang perlu Anda waspadai, karena di sinilah terdapat informasi mengenai seberapa banyak Lemak Total, Protein, dan Karbohidrat Total dalam satu sajian makanan Anda. Untuk membantu, disertakan juga Angka Kecukupan Gizi (%AKG) yang merupakan perkiraan dari kebutuhan nutrisi Anda perhari. Persentase AKG menunjukkan berapa persen kecukupan nutrisi tersebut dipenuhi dari satu sajian makanan Anda. Misalnya, dengan mengonsumsi satu saji L-Men Amino Bar, Anda telah memenuhi 20% kebutuhan protein dan 24% kebutuhan serat harian ketika, di saat yang sama, asupan lemak total dan natrium Anda hanya 5% dan 3%. Pastikan bahwa makanan yang Anda makan mengandung protein cukup (10% atau lebih dari AKG), rendah lemak serta natrium (5% atau kurang dari AKG) dan memuat seminim mungkin Kolesterol (nol lebih baik).
 
Panel 4. Di sinilah tercantum nutrisi bonus dalam satu saji makanan Anda: vitamin dan mineral. Dari sini pula-lah Anda bisa tahu apakah makanan yang Anda pilih miskin nutrisi atau tidak. Misalnya, L-Men Amino bar mengandung Kalsium dalam jumlah banyak, juga mengandung Fosfor, Magnesium, dan Zat Besi. Pastikan makanan yang Anda pilih tidak hanya berisi Karbohidrat dan Protein (juga Lemak), tetapi juga vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.
 
Jadi, lain kali Anda terpikat oleh potato chips ukuran besar di pojok supermarket, jangan lupa mengecek Informasi Nilai Gizi-nya. Jangan lupa, kombinasi fitnes yang tepat dengan makanan, termasuk penganan, yang tepat adalah kunci sukses meraih tubuh atletis idaman. Trust me, it works!
 
 
Referensi:
Boyle, M.A. & Long, S. 2007. Personal Nutrition, 7th Ed. CA: Wadsworth Cengage Training.

Leave a Reply