News Update

Ngebul Bikin Gembul

ART - II/2011 - Ngebul Bikin Gembul

Bagaikan sebuah batu kali yang keras dan tidak dapat terpecahkan, begitulah juga pikiran beberapa orang yang sudah terlanjur cinta dengan rokok. Banyak yang sudah tahu mengenai bahaya rokok untuk kesehatan, mulai dari kanker paru-paru, impotensi hingga penyakit jantung. Jika bahaya-bahaya kesehatan tersebut belum menggelitik Anda untuk berhenti merokok, Anda masih perlu tahu bahwa rokok ternyata juga berbahaya bagi penampilan Anda, yang selama ini selalu Anda banggakan.
 
Berdasarkan penelitian, rokok erat kaitannya dengan perut buncit dan kulit yang keriput. Nah, bertambah lagi alasan penting bagi Anda untuk menjauhi rokok.
 
Anda Perokok? Awas Buncit!
 
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa perokok memiliki berat badan yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Tidak heran, banyak orang dengan berat berlebih, memilih untuk menjadi perokok agar berat badannya bisa turun. Hal ini sebenarnya masuk akal, mengingat berbagai macam gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh rokok. Namun, tampaknya hal ini tidak lagi relevan saat ini, seperti tercantum pada British Medical Journal.
 
Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Finlandia ini menunjukkan bahwa para perokok justru memiliki berat badan yang lebih besar apabila dibandingkan mereka yang tidak merokok. Para perokok ini juga diketahui memiliki WHR (perbandingan lingkar pinggang dan lingkar pinggul) yang lebih besar. Berarti, para perokok cenderung memiliki perut yang lebih buncit. Hal ini diyakini berhubungan dengan gaya hidup yang lebih tidak sehat para perokok. Para perokok diketahui lebih banyak mengkonsumsi alkohol dan makanan berlemak.
 
Masalah lingkar pinggang pada perokok ini juga didukung oleh penelitian lain yang dilakukan oleh para ahli dari Baltimore. Hasil penelitian yang tercantum pada The Journal of American Medical Association ini menunjukkan bahwa para perokok memiliki WHR yang lebih tinggi, bahkan jika mereka mengalami penurunan berat badan. Peningkatan WHR ini akan sedikit berkurang apabila mereka berhenti merokok.
 
Plus Kulit Keriput
 
Tidak hanya masalah berat badan dan lingkar pinggang, hasil penelitian yang tercantum pada Archives of Dermatology menunjukkan bahwa kulit para perokok ternyata memiliki keriput yang lebih dalam. Bahkan, keriput ini tidak hanya di wajah melainkan di seluruh tubuh. Wah, perut buncit dan kulit keriput? Apakah hal ini dapat Anda banggakan?
 
Atasi dengan Latihan
 
Nah, jika Anda perokok yang sedang berusaha menghentikan kebiasaan Anda, coba bantu dengan fitnes. Tidak perlu melakukan fitnes secara berlebihan, cukup dengan berjalan selama 5 menit secara rutin. Hasil penelitian yang tercantum pada jurnal Addiction menyatakan bahwa berjalan selama 5 menit dapat mencegah para perokok untuk merokok secara berlebihan dan membantu para perokok untuk menahan diri dari godaan rokok.
 
Hal ini disebabkan karena fitnes dapat membantu mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, serta menghambat keluarnya senyawa pada otak yang mendorong kecanduan pada rokok. Jangan lupakan juga manfaat olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan dan berat badan Anda. So, do you still want a pack of cigarette, Sir?

Leave a Reply