News Update

Sugar Negative

ART - II/2011 - Sugar Negative

The Sweetest Men’s Nightmare
 
Siapa bilang mimpi buruk hanya terjadi ketika kita sedang terlelap? Mimpi buruk juga bisa hadir ketika Anda terlalu akrab dengan “si manis”. Apakah Anda mudah tergoda dengan rasa manis? Jika Ya, berhati-hatilah, karena konsumsi gula berlebih erat kaitannya dengan berbagai macam masalah kesehatan, yang akan menjadi mimpi buruk Anda.
 
Bagaimana tidak, masalah kesehatan yang ditimbulkan bisa sangat berbahaya seperti Alzheimer’s Disease dan kanker prostat, suatu penyakit yang seringkali menghantui para pria.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Gula vs Alzheimer’s Disease
 
Hasil penelitian yang dilakukan oleh American Society for Biochemistry and Molecular Biology menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi minuman tinggi gula yang berlebihan dan risiko Alzheimer’s Disease. Diketahui bahwa tikus yang banyak mengonsumsi minuman tinggi gula (setara dengan 5 kaleng minuman pada manusia) ternyata memiliki berat badan yang lebih besar, kadar kolesterol yang lebih tinggi, serta kemampuan otak dan ingatan yang lebih buruk.
 
Tidak hanya itu, otak dari tikus-tikus ini juga memiliki lebih banyak amyloid plague deposit yang merupakan indikator dari Alzheimer’s Disease. Penyakit ini sendiri merupakan penyakit neuro-degeneratif yang menyebabkan terjadinya penurunan fungsi ingatan dan kemudian menyebabkan gangguan beraktifitas sehari-hari atau perubahan perilaku. Yang lebih menyeramkan, obat untuk Alzheimer’s Disease belum ditemukan hingga sekarang.
 
Gula vs Kanker Prostat
 
Tidak hanya Alzheimer’s Disease, konsumsi gula berlebih pun erat kaitannya dengan kanker prostat. Seperti tercantum pada Journal of Nutrition, konsumsi gula berlebih ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit kanker prostat. Risiko ini pun semakin tinggi pada mereka yang memiliki berat badan berlebih.
 
Kanker prostat sendiri merupakan penyakit kanker yang menyerang bagian prostat pada pria, yaitu organ tubuh yang berfungsi untuk menghasilkan dan menyimpan cairan sperma. Kanker prostat dapat menyebabkan berbagai macam gangguan, mulai dari rasa nyeri hingga disfungsi ereksi. A truly nightmare, right? Bahkan, kanker prostat dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain apabila tidak segera diatasi.
 
Pilih Manis yang Sehat
 
Ternyata dampak dari konsumsi gula berlebih sangat menyeramkan. Agar Anda jauh dari masalah-masalah ini, mulailah membatasi konsumsi gula Anda. Jangan sampai manis yang Anda nikmati sekarang berubah menjadi pahit nantinya.
 
Ingin tetap menikmati nikmatnya rasa manis tanpa khawatir? Pilihlah pemanis rendah kalori yang aman. Jangan lupa juga untuk tetap menjalankan pola hidup sehat, seperti menjaga asupan nutrisi dan suplemen yang seimbang, serta berolahraga secara teratur, agar Anda terhindar dari berbagai resiko penyakit.

Leave a Reply