The Best Exercise for Fat Loss

Gaya Hidup

Apakah kamu tengah berjuang melenyapkan lemak di perut, Bro? Memang ada cara membakar lemak  yang dilakukan dengan cardio ringan, misalnya untuk mengecilkan perut buncit, seperti yang dilaporkan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity. Penelitian ini menyatakan bahwa mereka yang menghabiskan 300 jam per tahunnya untuk melakukan cardio workout ringan berhasil menurunkan berat badan sebanyak 2,5 kg.  Namun demikian, ada cara lain yang bisa kamu lakukan. Penasaran?

 

Martin Rooney, seorang ahli kebugaran sekaligus penulis buku Ultimate Warrior Workouts mengatakan bahwa cara mengecilkan perut buncit yang paling efektif adalah dengan melakukan latihan atau olahraga seintens mungkin, Bro. Menurutnya, semakin intens latihan yang dilakukan, maka akan semakin banyak lemak tubuh yang terbakar. Ia pun menambahkan bahwa intense training session membantu membakar lemak bahkan setelah kamu selesai berolahraga!

 

Salah satu latihan yang dapat kamu coba dalam hal ini adalah berlari sprint. Para peneliti dari University of South Wales menemukan bahwa olahraga sprint adalah salah satu kunci dalam cara membakar lemak di perut. Sprint selama 8 detik yang dilakukan berulang dalam 20 detik dan 3 kali dalam seminggu dapat membantu menghilangkan lemak tubuh hingga 2 kg dan menambah massa otot hingga 1,5 kg dalam 12 minggu.

 

Lakukan sprint di atas jalanan yang agak menanjak agar tekanan pada sendi kamu berkurang, sehingga risiko cidera pun dapat ditekan, Bro. Ketika kamu berlari menanjak, kaki cenderung lebih dekat dengan tanah. Karena kamu pun tidak bisa berlari lebih cepat, maka otot-otot gerak kamu akan lebih tertarik.

 

Jangan khawatir, Bro, bahkan jika kamu tidak tinggal di daerah berbukit, kamu tetap dapat melakukan sprint. Namun, berlarilah secara bertahap. Mulailah sprint kamu dengan jogging dan percepat pace lari kamu untuk mengurangi risiko cidera.

 

Rutin melakukan lari sprint dapat membantu menurunkan berat badan kamu lebih banyak setiap tahunnya. Tertarik menekuni cara mengecilkan perut buncit  dengan olahraga sprint? Lakukan secara bertahap ya, Bro!

 

 

Sumber:

everydayhealth.com/fitness/0706/the-key-to-fast-belly-fat-loss.aspx

livestrong.com/article/486382-the-best-exercises-for-fat-loss/

Diakses pada 25 Juni 2015