News Update

The Egg Science

ART - IV/2010 - The Egg Science

Untuk membentuk tubuh sixpack ideal seperti finalis L-Men of the Year, suplemen protein merupakan salah satu faktor nutrisi yang penting. Salah satu sumber protein yang sering dikonsumsi oleh para pecinta fitnes adalah telur. Apa yang membuat protein telur menjadi demikian istimewa?
 
Putih telur merupakan komponen terbesar dari sebuah telur utuh, yang menyusun sekitar 58% dari sebuah telur, dibandingkan dengan kuning telur yang hanya 31% saja1. Komponen putih telur terdiri dari air (87%), protein (12%), dan lemak (0,3%). Kuning telur memiliki komponen protein lebih tinggi (17%) namun juga memiliki lemak yang jauh lebih besar (32,2%). Hal ini menyebabkan putih telur lebih direkomendasikan sebagai sumber protein untuk Anda konsumsi2.
 
Putih telur juga dinilai sebagai sumber protein yang baik karena mampu diserap tubuh secara sempurna untuk digunakan sebagai bahan pembentuk otot Anda. Putih telur juga kaya akan asam amino esensial seperti Lisin, Threonin, Valin, Isoleusin, Leusin, Metionin, Fenilalanin, Tryptophan, dan Histidin. Leusin sendiri merupakan asam amino penting yang berperan dalam merangsang pembentukan otot3. Putih telur juga disarankan sebagai sumber asupan protein berkualitas tinggi dalam pola diet. Konsumsi asupan tinggi protein telur dapat merangsang pembentukan otot (muscle protein synthesis)4.
 
 
Dengan segala manfaat telur diatas, ternyata mengkonsumsi telur juga dapat membahayakan Anda jika dikonsumsi secara mentah. Departemen Kesehatan Inggris menyatakan bahwa mengkonsumsi telur mentah atau pun makanan yang mengandung telur tanpa proses pemasakan, dapat mengakibatkan keracunan. Adapun ciri putih telur yang masih mentah adalah putih telur yang masih berbentuk cair. Hal ini dikarenakan telur mentah mengandung bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan penyakit serius, misalnya Salmonella typhimurium yang mengakibatkan penyakit tipes. Jadi, demi kesehatan Anda, sebaiknya Anda menghindari konsumsi telur mentah. L-Men Trust Me It Works!
 
 
References:

  1. MAFF Publication. 2010. Egg Quality Guide. http://www.defra.gov.uk/foodfarm/food/industry/sectors/eggspoultry/ documents/eggqual.pdf. [13 April 2010].
  2. Buckle, KA, et al. 1987. Ilmu Pangan. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI Press).
  3. Layman DK, Rodriguez NR. 2009. Egg Protein as a source of power, strength, and energy. Nutrition Today 44: 1-6.
  4. Ziegenfuss, TN. et al. 2010. Protein for Sports-New Data and New Recommendations. Strength and Conditioning Journal 32(1): 65-70.

Leave a Reply