The Struggle of a New Runner

Lari

Jika seseorang bertanya pada kamu, “Bro, apa sih manfaat lari pagi?” kamu pasti bisa menjawabnya dengan mantap. Hanya dengan menjelajahi internet, kamu bisa mengetahui banyak hal. Namun, hanya sedikit orang yang cukup kuat untuk melakukan lari pagi yang sesungguhnya dengan rutin. Padahal, manfaat olahraga  yang satu ini banyak. Apakah kamu sudah rutin lari pagi, Bro?

 

Hal pertama yang bisa menjadi masalah bagi pelari pagi pemula adalah ketika menyadari bahwa ia tidak sesehat yang dikiranya. Sometimes, ketika baru membiasakan berlari lagi, kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk walking or jogging ketimbang benar-benar berlari. Namun, jangan patah semangat, Bro! Walking juga diperlukan kok, untuk mengatur interval lari kamu dan memberikan istirahat sejenak bagi tubuh.

 

Apakah hal kedua yang dapat menghambat kamu? Rasa sakit pada kaki-kaki kamu yang kamu rasakan sehari setelah berolahraga, Bro. Hal ini dikenal dengan sore muscles. Jika kamu memang sudah lama tidak rutin berolahraga, hal ini mungkin terjadi. Tapi, sebenarnya hal ini biasa dan tak perlu kamu khawatirkan, Bro! Dengan rutin berolahraga, sore muscles yang kamu rasakan biasanya akan perlahan menghilang.

 

The last but not least, tantangan berlari adalah menemukan garis finish yang tepat, Bro! Ketika kamu berlari, cobalah fokus pada satu hal di depan kamu, dan jadikan hal tersebut “garis finish” kamu. Setelahnya, temukan finish line lainnya, dan tanpa kamu sadari, kamu telah berlari cukup jauh! Penelitian membuktikan bahwa pelari yang fokus pada satu tujuan, ketahanan berlarinya lebih baik ketimbang yang tidak fokus pada satu “target” di depannya.

 

So, siapkah kamu menyambut pagi dengan aktivitas yang menyehatkan?

 

 

Sumber:

everydayhealth.com/news/11-struggles-every-new-runner-understands/

running.about.com/od/getstartedwithrunning/tp/runningtips.htm

Diakses pada 11 Mei 2015