News Update

Vitamin B6 : Penting Namun Dilupakan!

ART - II/2011 - Vitamin B6 : Penting Namun Dilupakan!

Sejak kecil, orang tua kita tidak bosan-bosannya mengingatkan kita untuk mengkonsumsi cukup vitamin agar tidak mudah sakit. Manfaat vitamin untuk kesehatan memang sudah banyak diketahui, mulai dari membantu menjalankan fungsi-fungsi tubuh hingga menjaga kekebalan tubuh. Namun, semakin bertambahnya usia, kita cenderung cuek dan lupa akan pentingnya memilih makanan yang kaya akan vitamin.
 
Padahal, vitamin sangat penting bagi proses metabolisme tubuh. Salah satunya adalah vitamin B6, yang ternyata memiliki fungsi khusus bagi Anda yang aktif melakukan latihan secara rutin.
 
Mengapa Perlu Vitamin B6?
 
Vitamin B6 atau dikenal sebagai pyridoxine merupakan salah satu jenis vitamin yang bersifat larut di dalam air. Vitamin B6 banyak ditemukan pada beberapa jenis makanan, seperti: alpukat, pisang, daging, ikan, kacang-kacangan, dan sereal.
 
Vitamin B6 diketahui berperan penting di dalam metabolisme protein, dimana vitamin B6 berfungsi untuk membantu kerja enzim-enzim yang berperan di dalam metabolisme protein. Vitamin B6 juga berperan di dalam penggunaan glikogen pada otot sebagai sumber energi pada saat fitnes. Selain itu, vitamin B6 (bersama dengan zinc, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C) juga diperlukan di dalam sintesis hemoglobin pada sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh.
 
 
 
Fitnes dan Vitamin B6
 
Nah, bagi Anda yang rutin melakukan latihan, pastikan Anda tidak kekurangan vitamin B6. American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa mereka yang aktif secara fisik mungkin membutuhkan lebih banyak vitamin B6 serta vitamin B1 dan B2.
Hal ini disebabkan karena latihan dapat menurunkan laju penyerapan zat-zat gizi (termasuk vitamin) sehingga jumlah zat-zat gizi yang terbuang menjadi lebih tinggi. Selain itu, latihan juga dapat meningkatkan jumlah zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya jumlah enzim-enzim di mitokondria yang memerlukan zat-zat gizi tersebut untuk dapat bekerja, serta meningkatnya kebutuhan zat gizi untuk menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh.
 
Padahal, kekurangan zat-zat gizi tersebut dapat mengganggu performa latihan. Hasil penelitian yang tercantum pada Journal of the American College of Nutrition menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin B1, B6, dan B12 di dalam jumlah yang kecil (sekitar ½ dari RDA) selama 11 minggu ternyata mengalami penurunan VO2-max atau jumlah konsumsi oksigen maksimal (kapasitas maksimum untuk mengangkut dan menggunakan oksigen selama latihan), konsumsi oksigen, dan tingkat kekuatan selama latihan. Pentingnya vitamin B6 ini berhubungan dengan fungsinya di dalam sintesis hemoglobin, pengangkutan oksigen, dan produksi energi.
 
Tapi jangan khawatir, penurunan performa fitnes akibat kekurangan vitamin B6 ini bersifat sementara dan dapat kembali ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin B6 di dalam jumlah yang mencukupi. Hasil penelitian yang tercantum pada International Journal for Vitamin and Nutrition Research menunjukkan bahwa suplementasi vitamin B6 pada mereka yang kekurangan vitamin ini selama dua bulan dapat membantu mengembalikan kebugaran tubuh dan meningkatkan performa latihan.
 
Jadi, pastikan asupan vitamin B6 Anda mencukupi. Namun, jangan sampai berlebihan karena konsumsi vitamin B6 yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada sistem syaraf. Sebagai tambahan informasi, RDI (Reference Daily Intake atau jumlah zat pangan yang perlu dikonsumsi setiap hari untuk dapat memenuhi kebutuhan tubuh) dari vitamin B¬6 adalah sebesar 1.3 mg/hari untuk mereka yang berusia 19-50 tahun, sedangkan UL (Tolerable Upper Intake Levels atau batas maksimal konsumsi suatu zat pangan yang tidak menyebabkan gangguan pada kesehatan) dari vitamin B6 adalah sebesar 100 mg/hari.
 
Jadi, jangan lupakan vitamin B6 untuk menyempurnakan hasil fitnes Anda. Pilihlah makanan tinggi protein seperti susu, yang juga memiliki kandungan vitamin lengkap, serta lengkapilah dengan suplemen fitnes sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply