What You Must Prepare for Your First Dunk

Basket

Jika kamu adalah seorang pemain basket, tentu kamu menyadari bahwa setiap teknik dasar basket  memiliki beberapa variasi, termasuk juga shooting. Nah, salah satu jenis shooting yang tidak hanya mampu mengubah jalan permainan, namun menambah excitement untuk bermain basket adalah dunk. Apakah kamu tertarik untuk menguasai teknik basket yang satu ini, Bro? Jika ya, ketahui cara menyiapkannya agar kamu terhindar dari cidera.

 

Training

Sebelum kamu melatih teknik basket  yang satu ini, pastikan kamu siap dengan melakukan training. Beli atau buat sendiri ankle weight dan rekatkan pada pergelangan kaki kamu. Lalu, lakukan jogging selama minimal 30 menit, 5 hari dalam seminggu. Latihan ini akan menguatkan kaki kamu.

 

Technique

Berlatihlah menembak tanpa bola terlebih dahulu. Lompatlah ke arah keranjang dan cobalah menjangkaunya. Latihan ini penting untuk mengetahui timing dan vertical leap down. Dengan begitu, kamu akan mampu menentukan kapan saat tepat untuk melakukan dunk tepat di lompatan tertinggi kamu. Setelah menguasainya, cobalah dengan menggunakan bola tenis. Berturut-turut gantilah dengan bola yang lebih besar, hingga kamu menguasai dunk dengan menggunakan bola basket.

 

Yang harus kamu perhatikan, timing yang salah ketika menembakkan bola bisa mengakibatkan cidera, Bro. Jadi, berhati-hatilah. Selain itu, berlatihlah secara terus menerus dan tahan dulu mencoba hal yang lain sebelum kamu benar-benar menguasai teknik ini.

 

 

Sumber:

livestrong.com/article/418916-how-to-dunk-a-basketball-for-short-people/

livestrong.com/article/131770-types-shooting-basketball/

Diakses pada 18 Juni 2015