News Update

Why Food & Fitness are Best Friends Even in Hard Time

ART - V/2011 - Why Food & Fitness are Best Friends Even in Hard Time

Lagi-lagi Anda lembur! Hari ini pekerjaan di kantor sangat banyak sementara Anda berencana untuk pergi ke gym, demi memahat otot-otot Anda yang sebentar lagi mulai terlihat definisinya. Di saat yang bersamaan, Anda merasa lapar dan saat ini Anda mempertimbangkan apakah Anda harus menyisihkan waktu untuk mampir ke kafe atau segera ke gym yang hampir tutup? Whatever; Anda memutuskan segera langsung ke gym untuk latihan, sekalian hitung-hitung berdiet. Tepatkah keputusan Anda?








Why N(utrition) always comes first before T(raining)
 
Sesibuk-sibuknya Anda, adalah hal yang tidak bijak untuk tetap kelaparan dan mengabaikan kebutuhan nutrisi Anda sebelum mulai latihan. Check these out:

  • Don’t waste your effort
    • Hati-hatilah! Latihan di saat Anda lapar dapat mengakibatkan kurang maksimalnya latihan Anda. Karbohidrat dan protein adalah bahan bakar yang paling tepat untuk sumber energi Anda sebelum latihan. Tujuan Anda latihan dapat mempengaruhi strategi asupan nutrisi Anda. Bila Anda bertujuan untuk meningkatkan massa tubuh dan massa otot, konsumsi karbohidrat kompleks yang disertai protein sesaat sebelum dan setelah latihan dapat mengoptimalkan sintesis otot, mengurangi jumlah protein otot yang rusak selama latihan, dan membantu mempercepat recovery otot Anda. Apabila Anda latihan dengan tujuan untuk menurunkan berat dan membakar lemak, sebaiknya protein menjadi fokus konsumsi sesaat sebelum dan setelah latihan untuk meningkatkan metabolisme pembakaran lemak dan pembentukan serta recovery otot1,2. Jadi, jangan biarkan latihan Anda sia-sia cuma karena Anda malas makan!
  • Hungry = stress = get sick
    • Lapar mengakibatkan stress adalah fakta! Terutama bagi Anda yang concern akan kesehatan. Seseorang yang berlatih dalam keadaan kekurangan karbohidrat telah terbukti mengalami peningkatan kadar hormon stress, yang juga dapat menurunkan sistem imun tubuh5. Selain itu, asupan komponen seperti protein, vitamin, dan mineral juga sangat penting untuk mempertahankan sistem imun tersebut; tentunya dalam jumlah yang tepat3. Bayangkan diri Anda yang kelaparan, tidak kunjung mendapatkan tubuh ideal karena hasil latihan yang tidak maksimal, dan jatuh sakit karena menurunnya sistem imun. Masih inginkah Anda untuk tetap kelaparan sebelum memulai latihan?

Fit with Food
 
Solusi untuk masalah ini adalah dengan mempersiapkan menu makanan sehat untuk Anda konsumsi sebelum mulai latihan. Menu yang mengandung makanan berkarbohidrat kompleks seperti nasi merah dan protein berkualitas tinggi cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan massa tubuh dan otot; namun bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan massa otot, protein seperti dapat menjadi fokus utama. Selain dari makanan, protein berkualitas tinggi dan mudah diserap tubuh juga dapat diperoleh dari suplementasi4. Selain itu, minum air sebanyak 5 ml/kg berat badan satu jam sebelum latihan akan membantu menjaga cairan tubuh2. Tentunya berkonsultasi dengan nutrisionis akan sangat membantu untuk menyusun menu makanan sebelum latihan yang paling cocok untuk Anda. Namun, bagaimana bila Anda hanya memiliki sedikit waktu?
 
Simple, Quick Solution
 
Mengingat waktu Anda yang terbatas, tentu cara yang paling efektif dan cepat lah yang menjadi pilihan utama Anda. L-Men Bar yang dapat dimakan kapan saja dan L-Men Hi Protein 2 Go yang dimakan sejam sebelum mulai latihan dapat dijadikan solusi dalam upaya Anda mengatasi krisis waktu dan tetap menjaga kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan selama latihan; terutama dengan bonus tinggi protein yang terkandung di dalamnya. Selain itu, L-Men Hi Protein 2 Go juga diperkaya L-carnitine, yang membantu proses pembakaran lemak. Dengan ini, kebutuhan protein Anda akan terpenuhi dengan cara yang praktis dan efektif. Sekarang, tidak ada lagi alasan untuk tidak memenuhi kebutuhan nutrisi sebelum latihan yang membuat Anda semakin jauh dari six-pack idaman Anda, bukan?
 
 
Reference

  1. Burke, Louise. 2007. Practical Sports Nutrition. USA: Human Kinetic.
  2. Burke, Ed. 2003. Optimal Muscle Performance and Recovery: Using the Revolutionary R4 System to Repair and Replenish Muscles for Peak Performance, 2nd ed. USA: Penguin.
  3. Gleeson, Michael, David C. Nieman, and Bente K. Pedersen. 2004. Exercise, Nutrition, and Immune Function. Journal of Sports Sciences 22: 115 – 125.
  4. Campbell, Bill et al. International Society of Sports Nutrition position stand: protein and exercise. Journal of the International Society of Sports Nutrition 4: 8.

Leave a Reply