News Update

Why Whey for Reducing Your Weight?

ART - IV/2009 - Why Whey for Reducing Your Weight?

Keajaiban whey protein yang dikenal memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan membangun massa otot dalam fitnes, telah diketahui banyak orang. Tidak heran, jika whey protein telah menjadi minuman wajib bagi mereka yang concern terhadap pembentukan tubuh. Lalu bagaimana dengan Anda yang masih memiliki berat berlebih? Apakah konsumsi suplemen whey dapat memberikan manfaat bagi Anda?
Ternyata, whey protein memiliki kelebihan lain selain memberikan imunitas dan massa otot. Whey protein ternyata juga dapat membantu program penurunan berat badan.
 
 
 
Protein and Weight Loss
 
Hasil penelitian yang tercantum pada International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders menunjukkan bahwa mereka yang mengikuti diet rendah lemak (30% lemak dari total kalori yang dikonsumsi) namun tinggi protein (25% protein dari total kalori yang dikonsumsi), mengalami penurunan berat badan dan berat lemak yang lebih besar, apabila dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet rendah lemak dan rendah protein (12% protein dari total kalori yang dikonsumsi). Hal ini diyakini berhubungan dengan sifat protein yang lebih mengenyangkan dan memiliki thermic effect yang lebih tinggi.
 
The Journal of Nutrition menyatakan bahwa konsumsi protein dapat memberikan rasa kenyang yang lebih bertahan lama. Hal ini disebabkan karena protein dapat menstimulasi senyawa cholecystokinin dan glucagon-like peptide-1 sehingga membantu memperlambat laju pengosongan lambung. Dengan begitu, jumlah makanan yang dikonsumsi pada waktu makan berikutnya dapat menjadi lebih sedikit.
 
Selain itu, protein juga diketahui memiliki thermic effect yang lebih tinggi (20-35 % dari total kalori yang dikonsumsi) apabila dibandingkan dengan karbohidrat (5-15 % dari total kalori yang dikonsumsi) dan lemak (hampir sama atau lebih rendah dari karbohidrat), seperti tercantum pada Journal of the American College of Nutrition. Thermic effect adalah terjadinya peningkatan jumlah energi yang digunakan di dalam tubuh sebagai akibat dari proses penggunaan dan penyimpanan dari makanan yang dikonsumsi.
 
Lebih tingginya thermic effect dari protein ini disebabkan karena tubuh tidak dapat menyimpan protein sehingga harus segera dimetabolisme serta lebih tingginya jumlah energi yang dibutuhkan di dalam pembentukan ikatan peptida pada protein. Selain itu, proses metabolisme protein juga menghasilkan senyawa urea yang proses produksinya membutuhkan energi yang lebih tinggi
 
Milk is The Answer
 
Jika Anda ingin memperoleh manfaat protein, salah satu sumber protein yang baik adalah susu. Berdasarkan sifatnya, protein susu terbagi atas kasein dan whey protein. Kasein merupakan protein susu yang menggumpal dengan adanya penambahan asam, sedangkan whey protein merupakan cairan yang tersisa dari proses penggumpalan tersebut.
 
The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa whey protein memiliki efektifitas yang lebih baik apabila dibandingkan dengan kasein. Hal ini disebabkan karena whey protein memiliki laju penyerapan yang lebih cepat. Whey protein dapat dengan cepat memasuki usus, terutama di dalam bentuk yang utuh dan aktif. Sebuah penelitian, seperti tercantum pada the British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa whey protein memiliki efek yang lebih mengenyangkan apabila dibandingkan dengan kasein. Mereka yang mengkonsumsi whey protein juga diketahui mengkonsumsi makanan lebih sedikit pada buffet yang ditawarkan 90 menit kemudian.
 
Jadi, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, ada baiknya menambahkan Whey protein dalam program diet Anda.
 
 
Copyright L-Men Institute Januari 2007

Leave a Reply