5 Teknik Dasar Basket yang Perlu Kamu Ketahui

Basket

Basket adalah permainan cepat yang membutuhkan pengetahuan dan insting untuk melakukannya dengan cepat dan benar. Bagi kamu yang ingin mencoba untuk bermain olahraga basket, kamu perlu menguasai setidaknya lima teknik dasar basket. Dengan kamu menguasai teknik basket, kamu akan dapat bermain basket dengan baik dan bekerja sama dengan tim kamu.

 

Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja teknik dasar basket yang harus kamu kuasai, berikut ini penjelasan dari lima teknik basket yang perlu kamu ketahui.

 

Dribbling

dribbling basket

Dribbling merupakan teknik basket yang paling penting bagi semua pemain basket. Teknik ini akan memungkinkan kamu untuk menggerakkan bola ke atas dan ke bawah di dalam lapangan. Teknik dribbling sangat membutuhkan keterampilan dalam mengontrol bola dan pengetahuan tentang bagaimana kamu menggunakan tangan kamu untuk mengontrol bola tersebut.

 

Shooting

shooting basket

Untuk dapat mencetak poin, kamu perlu menembak bola atau melakukan shooting ke ring. Teknik shooting ini membutuhkan kemampuan kamu untuk memegang bola dengan benar dan melemparnya ke udara menuju ring sambil menghindari lawan kamu. Sebuah tembakan yang tepat sangat membutuhkan akurasi lemparan yang tepat, gerakan lengan dan kaki kamu. Ada berbagai jenis trik shooting yang kamu butuhkan untuk belajar, termasuk melakukan shooting sambil melompat, layups dan berbagai trik lainnya.

 

Berlari

berlari basket

Berlari adalah teknik paling dasar dan penting dari olahraga bola basket. Dalam pertandingan, kamu dapat berlari dengan cepat untuk bertahan ataupun menyerang tim lawan. Bila kamu sedang memegang bola, berlari atau berjalan akan membantu kamu untuk menghindari pemain bertahan dari tim lawan untuk memasukkan bola ke dalam ring. Jika kamu di posisi pemain bertahan, kamu akan ditugaskan untuk mengejar dan menghalang tim lawan yang ingin memasukkan bola ke ring kamu.

 

Passing

passing basket

Passing atau mengoper bola adalah teknik lain dari olahraga bola basket. Basket adalah olahraga yang menuntut kerjasama tim, yang akan melibatkan semua tim untuk membuka ruang bagi pemain penyerang agar dapat mencetak poin. Kemampuan untuk mengoper bola ke teman satu tim kamu akan memberikan kesempatan lebih besar untuk tim kamu bermain dengan baik dan mencetak poin ke dalam ring tim lawan.

 

Jumping

jumping basket

Jumping atau melompat juga merupakan teknik dasar basket, yang dapat menentukan seberapa baik pemain basket tersebut. Jumping sangat berperan besar dalam mencetak poin ke dalam ring tim lawan, dan juga terkadang sangat berguna pada saat kamu ingin menerima operan bola dari teman satu tim kamu. Bagi kamu pemain yang menjaga pertahan, kamu juga akan memerlukan kemampuan jumping ketika kamu mencoba untuk memblokir shooting atau tembakan dari tim lawan kamu.

 

Kelima teknik dasar basket yang telah dijelaskan di atas merupakan teknik basket yang setidaknya harus kamu kuasai saat ini, terutama bagi kamu pemain basket yang masih pemula. Dengan menguasai beberapa teknik dasar basket tersebut, kamu akan dapat bermain dan bekerjasama dengan seluruh tim kamu dengan baik.

 

 

Source:

– livestrong.com/article/500227-the-five-basic-skills-of-basketball/

– breakthroughbasketball.com/fundamentals/passing.html/

(diakses 21 Juli 2014, 15:35)