News Update

Makan Lebih Sering untuk Perut Sixpack?

ART - IX/2011 - Makan Lebih Sering untuk Perut Sixpack?

Siapa bilang bahwa sering makan malah menjauhkan Anda dari tubuh atletis dan perut sixpack? Pola “makan bersih” yang diatur dengan baik malah memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan tubuh atletis, sekaligus Anda bisa makan lebih sering!
 
Dalam konteks kali ini, yang dimaksud dengan “Makan Bersih” bukan cuci tangan sebelum makan, atau makan makanan yang terjamin tingkat kebersihannya; bukan pula makan yang bersih tak bersisa di piring. Makan bersih adalah istilah umum di dunia fitnes untuk pola makan yang tinggi protein dan rendah lemak.
“Tapi bagaimana jika saya bertubuh kurus? Apakah saya juga perlu untuk menghindari lemak?”
Jawabannya ya, walaupun Anda tergolong bertubuh kurus dan sedang dalam program menaikkan berat badan, bukan berarti Anda bebas makan makanan berlemak sebanyak-banyak nya. Selain dapat menaikkan kadar kolesterol, lemak berlebih akan mempersulit Anda mencapai sixpack yang Anda inginkan.
Untuk menaikkan berat badan sekaligus mendapatkan tubuh atletis dan perut sixpack, olahraga dan makan bersih yang lebih sering merupakan kunci suksesnya!!
 
 
 
 
 
 
 
 
More frequent meals
 
Makan lebih sering (2-3 jam sekali) membantu untuk menaikkan calorie intake. Selain intensitas makan, jenis makanan yang Anda makan akan mempengaruhi bentuk tubuh Anda setelah mendapatkan berat badan ideal. Pilihlah makanan dengan protein berkualitas tinggi dan karbohidrat kompleks untuk menunjang pembentukan ototmu. Apabila kamu sibuk, L-Men Amino Bar dan L-Men 2 go bisa jadi option makanan tinggi protein yang praktis bagi Anda yang sibuk. Selain itu, kacang-kacangan juga bisa dijadikan alternatif makanan tinggi protein. Anda tidak perlu kuatir dengan kandungan lemak pada kacang, karena lemak pada kacang merupakan lemak baik yang dapat membantu menurunkan kolesterol1.
 
Watch your Breakfast, Lunch and Dinner also
 
Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi apapun. Oleh sebab itu, sarapan sangat penting untuk men-supply kembali nutrisi di dalam tubuh. So… don’t skip breakfast guys. Selain untuk mengembalikan nutrisi di dalam tubuh, makan pagi penting untuk memenuhi kebutuhan energi Anda sepanjang hari. Pilihlah karbohidrat kompleks (whole grains atau oat) serta protein (susu atau telur) sebagai menu sarapan pagi. Untuk makan siang dan malam, hindarilah makanan yang mengandung lemak tinggi seperti fast food dan gorengan serta minuman tinggi gula. Pilihlah menu makanan yang diolah dengan cara direbus, dibakar atau dipanggang.
 
Nutrition for Your Sixpack: Sebelum dan Setelah Fitnes
 
Untuk memaksimalkan hasil olahraga pembentukan otot, Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi sebelum dan setelah olahraga. Kombinasi karbohidrat kompleks 1 jam sebelum olahraga berguna sebagai sumber glikogen otot dan energi saat latihan. Setelah latihan, konsumsilah protein dan karbohidrat sederhana seperti jus, baik jus buah maupun sayuran. Konsumsi karbohidrat dan protein setelah latihan akan memaksimalkan pembetukan otot dan meminimalisasi pemecahan otot (muscle protein breakdown)2
Jadi, mengapa tidak makan (bersih) lebih sering untuk mendapatkan tubuh atletis dan perut sixpack?
 
 
References

  1. Sabate, J., K. Oda, and E. Ros. (2010). Nut consumption and blood lipid levels. Arch Intern Med 170: 821-827.
  2. Biolo, G., Williams, B.D., Fleming, R.Y., Wolfe, R.R. (1999). Insulin action on muscle protein kinetics and amino acid transport during recovery after resistance exercise. Diabetes 48: 949–957.

Leave a Reply