Mengenal Beberapa Teknik Dasar Futsal

Futsal

Kamu penggemar Futsal? Futsal memiliki banyak kesamaan dengan sepak bola. Kedua tim mencoba untuk menendang bola ke gawang lawan. Namun, ada beberapa perbedaan penting antara futsal dan sepak bola. Oleh karena itu, pastikan kamu mengenal apa saja perbedaan futsal dan sepak bola sebelum lamu bermain futsal, dan pastikan juga kamu memahami berbagai macam teknik dasar futsal. Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja teknik futsal , berikut beberapa teknik dasar futsal yang mungkin berguna untuk kamu.

Mengontrol Bola
Mengontrol bola harus kamu kuasai terlebih dahulu sebelum kamu lebih jauh bermain futsal. Dalam mengontrol bola, kamu harus selalu fokus melihat bola di depan kaki kamu. Latihlah teknik mengontrol bola secara rutin. Kamu bisa mulai dari mengontrol bola secara zig-zag atau mengontrol bola sambil berlari dengan cepat.

Membawa Bola (Dribbling)
Dribbling adalah teknik membawa bola dengan bebas. Saat seorang pemain berlari dengan membawa bola, dia harus dapat mengendalikan bola itu dengan baik. Dribbling membutuhkan keseimbangan dan stabilitas kaki yang baik. Dengan teknik dribbling yang baik, kamu akan dapat bergerak membawa bola untuk melewati lawan ataupun mengoper ke teman satu tim kamu.

Mengoper Bola (Passing)
Mengoper bola bisa dilakukan dengan menggunakan beragam sisi kaki. Kamu dapat menggunakan sisi kaki dalam, kaki luar, ujung kaki atau tumit. Namun yang paling baik adalah menggunakan kaki dalam dengan arah mendatar. Pasalnya, operan ini memiliki akurasi paling baik dibandingkan yang lainnya. Termasuk umpan panjang yang menyusur lapangan. Namun, yang paling penting dari teknik mengoper bola adalah ketepatan atau akurasi operan bola pada teman satu tim kamu.

Menendang Bola (Shooting)
Shooting merupakan teknik menendang bola ke arah gawang lawan. Shooting membutuhkan kualitas teknis (menendang bola dengan akurasi tinggi), kualitas fisik (kekuatan, koordinasi, dan keseimbangan tubuh) dan kualitas mental (tekad, keberanian dan kepercayaan diri). Ketiga kualitas tersebut dibutuhkan oleh seorang pemain apabila ingin melakukan shooting dengan baik.

Teknik merupakan sebuah syarat penting untuk kamu yang ingin bermain futsal. K, dribbling, passing dan shooting, keempat teknik tersebut merupakan teknik dasar futsal yang perlu kamu pelajari agar dapat bermain futsal dengan baik.
Source:
– grassroots.fifa.com/en/for-coach-educators/technical-elements-for-grassroots-education/the-basic-techniques/the-basic-techniques.html/
– wikihow.com/Become-a-Professional-Soccer-Player/
(diakses 20 Juli 2014, 04:10)