Otot Dada Lebih Besar? Why Not!

Olahraga

Membentuk otot dada bukan hanya dorongan estetika semata. Selain meningkatkan kepercayaan diri, otot dada yang terlatih dengan baik dapat membantu kamu dalam performa aktivitas fisik sehari-hari yang lebih optimal dan menjauhkan kamu dari risiko penyakit kronis seperti diabetes, dan penyakit jantung, terutama menjelang hari tua, Bro.

 

Masalahnya, tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan otot dada yang bidang dan kekar. Alasan tidak memiliki waktu untuk pergi ke pusat kebugaran atau karena keterbatasan peralatan melatih otot di rumah sering menjadi penghambat.

 

Berikut ini tips seputar melatih otot dada yang bisa kamu lakukan di rumah Bro:

 

Inclined Dumbbell Flies

 

Untuk gerakan ini kamu membutuhkan beban seperti dumbbell. Lakukan dengan posisi tubuh berskamur dengan kemiringan sekitar 60-45 derajat. Ambil dumbbell di masing-masing tangan, lalu rentangkan tangan kamu dan jaga pergelangan tangan tetap lurus. Tarik nafas, lalu buang napas seiringan dengan secara perlahan tekan dumbbell ke posisi tepat di atas dada kamu.

 

Push up

Gerakan push up merupakan solusi bagi kamu yang ingin melatih otot upper body terutama otot dada di rumah. Selain minim risiko cedera, gerakan push up dapat melatih 61% otot dada kamu, Bro, namun untuk hasil yang lebih maksimal cobalah lakukan gerakan push up secara lebih lambat dari biasanya. Apabila kamu suka tantangan, coba lakukan beberapa variasi push up yang lebih menantang seperti diamond push up atau inclined push up. Selain itu, dalam melakukan gerakan push up pastikan letak lengan, sikut, dan postur tubuh kamu ada di posisi yang benar, Bro.

 

Dumbell Bench Press

Sama seperti gerakan pertama, gerakan ini membutuhkan beban seperti dumbell, lakukan dengan cara berbaring di bangku datar, dan beban pada kedua genggaman tangan. Posisikan genggaman abeban di samping bahu kamu, lalu perlahan tekan beban menuju ke atas dada dengan telapak tangan menghadap ke depan, selanjutnya turunkan beban secara perlahan. Lakukan gerakan ini dengan perlahan dan fokus Bro, untuk otot dada yang semakin kencang.

 

Selain latihan yang kamu lakukan di rumah, beberapa hal lain dalam gerakan latihan otot dada perlu juga diperhatikan supaya kamu terhindar dari cedera yang mungkin muncul Bro. diantaranya yang paling umum adalah nyeri otot dada (chest pain) dan pectoral muscles strain. Cara menghindarinya adalah dengan memastikan stretching sebagai pemanasan sebelum latihan otot dada, istirahat di setiap pergantian gerakkan untuk menghindari overtraining, dan juga memastikan gerakan yang kamu lakukan sudah tepat, Bro.

 

Sumber:

Healthline.com. Best Chest Exercise. http://www.healthline.com/health-slideshow/best-chest-exercises#promoSlide diakses pada 22 September 2015

WebMD.com. Strength Training Building Chest Muscles. http://www.webmd.com/men/features/strength-training-building-chest-muscles?page=2 diakses pada 22 September 2015

Healthline.com. Perctoral Chest Stretc. http://www.healthline.com/health/fitness-exercise/pectoral-chest-stretch#1 diakses pada 22 September 2015