News Update

Read this and Stretch !

ART - III/2012 - Read this and Stretch !

Sudah jam 8 malam ketika Anda akhirnya sampai di fitness center. Hari ini Anda lembur lagi, sementara jarak antara gym dan rumah Anda lumayan jauh. Ngeri membayangkan perjalanan pulang yang panjang dan macet, Anda memutuskan untuk menghemat waktu di gym. Anda langsung berganti pakaian dan langsung melakukan angkatan 30 Kg di bench press.
 
Terdengar familiar? Too bad, Bro! Anda baru saja melewatkan satu tahapan penting dalam pembentukan tubuh ideal Anda, stretching.
 
Mengapa (Sebaiknya) Stretching ?
Mungkin memang sangat mudah untuk melewatkan stretching. Namun tahukah Anda, stretching justru membantu aktivitas gym Anda lebih optimal. Berikut contohnya:

1. Stretching mengurangi risiko cedera. Salah satu efek penuaan dan olahraga rutin pada tubuh adalah pengerasan pada jaringan lunak pendukung otot dan sendi (tendon dan ligamen), berakibat pada sulitnya melakukan gerakan dengan benar. Dengan melakukan stretching secara teratur, efek tersebut bisa dihambat sehingga kemungkinan cedera bisa dikurangi1.
 
 
 
 
 
2. Stretching meningkatkan performa latihan. Stretching membantu melemaskan otot yang tegang. Dan, energi yang dibutuhkan untuk menggerakan otot yang diregangkan lebih kecil dibandingkan dengan otot yang tidak diregangkan2. Artinya, tenaga yang Anda keluarkan untuk mengangkat beban 30 Kg tersebut akan lebih kecil bila sebelumnya Anda melakukan stretching, sehingga latihan Anda akan lebih terfokus.
 
Bagaimana Stretching (yang Baik)?
Ternyata stretching pun ada seninya ! Lakukan tips-tips di bawah ini untuk stretching lebih optimal3:

1. Kombinasikan stretching dengan warming up untuk hasil lebih optimal. Keduanya memiliki efek sinergis yang bisa menjauhkan Anda dari cedera selama berolahraga. Mana yang lebih dulu? Tergantung kebiasaan Anda.

2. Lakukan stretching otot yang sering dipakai. Bila Anda akan melatih otot dada hari ini, stretching-kan otot dada, bahu, dan lengan atas. Bila Anda akan bertanding futsal, misalkan, regangkan otot kaki Anda. Jangan lupa lakukan untuk kedua sisi, ya.

3. Jangan sampai menyakitkan. Lakukan stretching sampai otot Anda terasa tertarik, bukan sakit. Kalau Anda merasa sakit saat stretching, kendurkan sampai tidak terasa sakit.

4. Lakukan rutin. Manfaat-manfaat stretching yang disebutkan dalam artikel ini hanya didapat bila stretching telah menjadi bagian dari rutinitas Anda. So, tentunya meluangkan waktu hanya 15 menit secara teratur untuk tubuh yang lebih sehat terdengar menarik, bukan?
 
So, ga ada lagi alasan untuk tidak melakukan stretching sebelum memulai olahraga. Ya, apapun olahraganya. Selamat berlatih, pertahankankan semangat meraih tubuh atletis yang Anda impikan. Trust me it works!
 
 
Referensi:

  1. Krautblatt, C. 2008. Fitness ABC’s Training Manual and Fitness Instructor Certification Course. FL: International Fitness Association
  2. Clin J Sport Med 14(5): 267-273, 2007
  3. MayoClinic. 2011. Stretching: Focus on flexibility

Leave a Reply