News Update

This is how to manage your WORKOUT well

ART - IV/2012 - This is how to manage your WORKOUT well

Diary? Seriously? Mungkin di benak Anda terbayang buku berwana pink dengan sampul bergambar Hello Kitty yang isinya curhatan adik perempuan Anda mengenai grup boyband Korea favoritnya. Atau mungkin Anda teringat diary kekasih Anda yang Anda baca diam-diam dan berisi betapa Anda adalah kekasih tertampan yang pernah dia miliki. Tapi, lelaki macho seperti Anda menulis diary? Anda pasti berubah pikiran setelah membaca artikel ini.
 
 
 
 
 
 
 
Not Only Dear Diary…

Pernah mendengar Progressive Overload? Bukan, itu bukan judul film laga terbaru, melainkan salah satu kunci sukses Anda dalam meraih tubuh atletis melalui fitnes. Inti dari progressive overload adalah secara berkala meningkatkan “kerja” yang Anda lakukan selama fitness, apakah itu berarti menambahkan beban atau repetisi, atau mengurangi waktu istirahat antarset Anda1. Progressive overload ini bertujuan untuk memastikan otot Anda terus menerus berkembang tanpa terhenti akibat adaptasi. Nah sekarang, bagaimana cara Anda tahu bahwa Anda tidak terlalu lama menggunakan beban yang sama beratnya untuk suatu gerakan fitness tertentu?

Ya, diary inilah jawabannya. Dengan mencatat secara teratur berat beban yang Anda angkat, Anda bisa mengukur dan mengevaluasi kemajuan Anda selama fitnes2. Mungkin Anda sudah tiga bulan terus menerus memakai plat 15 Kg untuk angkatan bench press dan sudah waktunya “naik kelas” menjadi 20 Kg. Selain itu, mencatat beban yang Anda angkat tiap kali latihan akan memacu Anda untuk “mengalahkan diri sendiri”; tidak ada yang lebih memuaskan ketimbang menyadari angkatan Anda telah meningkat hingga dua kalinya sejak pertama kali Anda mengangkat beban, kan?
 
…and Pink Perfumed Sheets

No, you don’t need that Mickey Mouse book your lover uses. Anda bahkan tak perlu mengawali entri diary Anda dengan “Dear diary” – kecuali Anda ingin. Yang harus Anda lakukan adalah mencatat apa saja gerakan yang Anda lakukan hari itu, lengkap dengan beban, set, dan repetisi2. Untuk Anda yang malas membeli buku khusus (dan memiliki laptop/atau tablet yang praktis dibawa-bawa), spreadsheet pada Microsoft Excel atau program serupa sudah lebih dari cukup untuk menjadi diary Anda. Yang penting, lagi-lagi, adalah niat yang kuat untuk terus-menerus mencatat diary Anda dan mengevaluasinya secara teratur.

Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat sixpack menjadi milik anda. Selamat mencoba!
 
 
Referensi:

  1. Kraemer, W. J., and Ratamess, N. A. (2004) Fundamentals of Resistance Training: Progression and Exercise Prescription. Med. Sci. Sports Exerc. 36(4): 674–688
  2. Quinn, E. (2009). The Most Common Exercises Mistakes. Retrieved 09 Apr 2012 from http://sportsmedicine.about.com/od/sampleworkouts/a/WorkoutMistakes.htm

Leave a Reply